Sukses

Melatih Bayi Berjalan di Usia 6 Bulan

Tak ada salahnya menstimulasi bayi berjalan sejak dini. Ini cara melatih bayi berjalan di usia 6 bulan.

Klikdokter.com, Jakarta Usia bayi untuk mulai bisa berjalan berbeda-beda. Umumnya bayi mulai bisa berjalan tertatih (sembari memegang pinggiran tembok) pada 8–12 bulan, dan mulai bisa berjalan pada 10–15 bulan.

Bila Anda ingin menstimulasi motorik bayi sejak dini agar nantinya mudah berjalan, cara-cara berikut ini dapat diterapkan:

Di usia 4 bulan, bayi umumnya mulai bisa duduk dengan bantuan dan di usia 6 bulan sudah bisa duduk sendiri. Ada beberapa cara untuk membantu bayi duduk dengan baik.

Anda bisa menstimulasinya dengan cara mengangkat perlahan kedua tangan bayi. Selain itu, Anda juga bisa memegang mainan dalam posisi agak jauh dari jangkauan bayi, untuk membuatnya mengambil mainan dan duduk di posisi yang berbeda.

Pada usia 6–10 bulan, bayi mulai belajar merangkak dan menggapai objek yang agak jauh dari jangkauannya. Stimulasi bayi Anda dengan meletakkan benda atau mainan jauh dari jangkauannya sehingga ia mulai merangkak untuk mengambilnya. Pastikan juga lingkungan rumah Anda sudah cukup aman untuk pergerakan bayi.

Bayi Anda akan mulai menarik benda-benda di sekitarnya seperti furnitur, kaki Anda, atau apa pun untuk membantunya berdiri di usia 7–12 bulan. Bayi akan perlahan belajar untuk berdiri sendiri. Bantu kuatkan otot-otot kakinya dengan berdirikan bayi sambil meloncat-loncatkan bayi.

Di usia 9–13 bulan, bayi mulai bisa melangkah sendiri dan mulai berjalan dengan mantap di usia 14–17 bulan. Anda bisa menstimulasi bayi dengan memintanya untuk berjalan ke arah Anda. Anda juga bisa memberikan bola supaya bayi bisa menendangnya sendiri ke sana kemari.

Penggunaan baby walker kurang dianjurkan. Baby walker tidak membantu bayi untuk berjalan lebih cepat, justru dapat membuatnya menjadi terlambat berjalan. Selain itu, baby walker bisa menyebabkan pola jalan yang salah dan berpotensi mencederai bayi. Bahkan, di Kanada baby walker sudah dilarang untuk dijual.

Nah, berapa usia bayi Anda saat ini? Pilihlah latihan berjalan yang sesuai dengan usia dan perkembangan bayi Anda. Selamat mencoba.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar