Sukses

Kenapa Payudara Nyeri saat Berlari?

Wanita sering mengeluhkan nyeri payudara saat berlari. Apa penyebabnya? s

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri payudara saat berlari bukanlah hal sepele. Hampir 25% dari wanita aktif mengatakan, nyeri payudara membuat mereka mengubah kebiasaan berolahraga menjadi lebih ringan. Sayangnya, banyak juga yang berhenti olahraga karena kondisi tersebut.

Bisa dilihat bahwa dampak nyeri payudara cukup besar, tetapi apa yang menyebabkan nyeri ini? Kuncinya adalah pada support atau penyangga payudara.

Kurang Penyangga Sebabkan Nyeri

Secara alami, payudara tidak memiliki penyangga yang baik. Payudara terdiri dari jaringan susu, jaringan lemak, dan ditopang oleh kulit dan ligamen. Sementara penyangganya sangat kurang jika dibandingkan dengan ukuran payudara yang bisa cukup berat.

Penyangga yang kurang menyebabkan payudara bergerak saat berlari. Berdasarkan penelitian, payudara akan bergerak membentuk angka delapan saat berlari. Tidak hanya bergerak naik-turun, tetapi juga menyamping ke kanan-kiri dan bergerak ke depan-belakang.

Bahkan, payudara dapat bergerak hingga 10 cm ke tiga arah ini saat berlari. Gerakan ini menyebabkan tarikan pada jaringan penyokong payudara sehingga menimbulkan nyeri.

Hal yang juga menarik adalah ukuran payudara ini memengaruhi rasa nyeri saat berlari. Umumnya, mereka yang berpayudara besar lebih sering mengeluh nyeri saat berlari.

Uniknya, kecepatan berlari tidak memengaruhi timbulnya nyeri. Berjalan atau berlari kencang menimbulkan gerakan payudara yang sama, seperti dijelaskan sebelumnya.

Sports Bra Bisa Membantu

Demi memberikan support yang lebih baik, gunakanlah sports bra saat berolahraga. Sports bra dapat menyokong payudara sehingga mengurangi nyeri payudara saat melakukan olahraga seperti berlari.

Dengan berbagai macam sports bra yang terdapat di pasaran, jangan ragu untuk mencoba beberapa model untuk mendapatkan yang benar-benar nyaman. Anda dapat melakukan gerakan olahraga (seperti berlari dan sebagainya) di kamar ganti saat mencoba sports bra. Ini sangat penting untuk menilai kualitasnya.

Jangan sampai nyeri payudara mematahkan motivasi Anda untuk berlari. Ingat, berolahraga sangat baik bagi kesehatan. Olahraga bahkan ditemukan menurunkan tingkat kejadian kanker payudara. Kurangi nyeri payudara dengan menggunakan bra yang tepat untuk berolahraga.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar