Sukses

Sering Pakai Hair Dryer? Lakukan Ini Agar Rambut Tetap Sehat

Untuk Anda yang sering mengeringkan rambut dengan hair dryer, ada perawatan yang perlu Anda lakukan agar rambut tetap sehat. Ini penjelasannya.

Rambut adalah mahkota wanita. Wajar bila wanita rela menempuh beragam cara agar rambut mereka selalu indah dan sehat. Salah satu perawatan rambut yang sering dilakukan adalah mencuci rambut, lalu mengeringkannya menggunakan hair dryer atau alat pengering rambut.

Wanita kerap mengeringkan rambutnya dengan menggunakan hair dryer demi mendapatkan tatanan rambut yang sesuai dengan keinginan. Apalagi jika akan menghadiri acara khusus, menata rambut dengan bantuan hair dryer tentu sudah tak asing lagi.

Menggunakan hair dryer untuk mengeringkan dan menata rambut memang praktis. Namun, memakainya secara terus-menerus ternyata berdampak buruk bagi rambut.

Cara kerja hair dryer adalah dengan mengeluarkan udara panas yang kemudian diarahkan ke rambut. Sayangnya, suhu panas udara ini dapat merusak lapisan rambut jika terpapar terus-menerus. Helaian rambut dapat menjadi kering, kusam, rapuh dan mudah patah. 

1 dari 2 halaman

Tips Rambut Tetap Sehat Walau Sering Pakai Hair Dryer

Sering menggunakan hair dryer bisa membuat rambut Anda kering dan rapuh. Tapi jangan khawatir, ini beberapa cara menggunakan hair dryer agar rambut tidak rusak:

  1. Gunakan Serum dan Vitamin

Untuk menjaga kesehatan rambut, penggunaan serum atau vitamin rambut dapat membuat kondisi rambut tetap sehat. 

Anda bisa memulas rambut dengan serum atau vitamin secara merata saat rambut masih basah dan sebelum menggunakan hair dryer. 

  1. Keringkan dengan Handuk Terlebih Dahulu

Untuk mencegah paparan panas terlalu lama pada rambut, buat rambut setengah kering dengan handuk atau diangin-anginkan terlebih dahulu. 

Setelah itu, Anda bisa mulai mengeringkan dan menata rambut dengan bantuan hair dryer. Cara ini akan mengurangi durasi paparan panas pada rambut.

Artikel Lainnya: Amankah Mengeringkan Vagina Menggunakan Hair Dryer Usai Bercinta?

  1. Jangan Terlalu Dekat dengan Rambut

Jarak ideal untuk menggunakan hair dryer adalah 20 cm dari rambut. Jika terlalu dekat, rambut berisiko mengalami kerusakan. 

Selain itu, jarak yang terlalu dekat dapat menyebabkan iritasi di kulit kepala akibat paparan suhu yang terlalu panas serta kelemahan akar rambut.

  1. Hindari Satu Titik Terlalu Lama

Usahakan untuk terus menggerakkan hair dryer ke seluruh bagian rambut. Hindari mengarahkan hair dryer pada satu area terlalu lama, untuk mencegah rambut di area tersebut lebih cepat rusak akibat paparan panas konstan yang lama. 

Sering berpindah titik memungkinkan rambut untuk menurunkan suhu terlebih dahulu sebelum kembali terpapar udara panas dari hair dryer.

Artikel Lainnya: 8 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Rambut Anda

  1. Atur Suhu Hair Dryer

Udara panas adalah penyebab utama kerusakan rambut akibat hair dryer

Jadi, jangan memilih suhu hair dryer yang terlalu panas karena akan menyebabkan rambut mudah rusak. Lebih baik atur mode agar hair dryer cukup hangat dan tidak terlalu panas.

  1. Tidak Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer 

Menggunakan hair dryer memang dapat mempercepat rambut kering. Namun jangan terlalu sering, ya, sebab rambut akan kering karena kehilangan minyak alaminya. 

Jika tidak ada momen khusus, keringkan rambut secara alami dengan diangin-anginkan untuk mengurangi frekuensi rambut terpapar panas hair dryer.

Itulah beberapa cara agar rambut tetap sehat meski sering dikeringkan memakai hair dryer

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar dampak penggunaan hair dryer atau cara merawat rambut, silakan berkonsultasi melalui fitur Live Chat 24 jam yang tersedia di aplikasi KlikDokter. Yuk, unduh aplikasinya sekarang!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar