Sukses

Segudang Manfaat Sehat Mendengarkan Musik

Siapa sangka, ternyata mendengarkan musik menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Pernah dengar lagu Despacito? Kepopuleran musik berbahasa Spanyol yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee ini memiliki ritme yang cocok untuk dipadukan dengan gerakan Zumba, lho!

Terlepas dari lagu Despacito dan tarian zumba yang memberikan efek positif bagi tubuh, ternyata mendengarkan musik memiliki segudang manfaat baik. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Menurut sebuah studi tahun 2013, Mona Lisa Chanda dan Daniel Levitin menyimpulkan bahwa musik memiliki potensi dalam meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh.

    Levitin mengatakan bahwa musik adalah obat yang murah dan tidak memiliki efek samping layaknya obat-obatan berbahan kimiawi.

  2. Menenangkan suasana hati

    Sebuah penelitian terhadap 60 orang dewasa yang dilakukan tahun 2006 menemukan bahwa musik mampu mengurangi rasa sakit, depresi serta dapat meningkatkan kualitas tidur.

    Bahkan pada sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa bernyanyi dan mendengarkan musik dapat meningkatkan mood.

  3. Meringankan stroke

    Penelitian dilakukan dengan melibatkan 60 pasien stroke. Sepertiga pasien secara acak mendengarkan musik yang direkam selama satu jam sehari, sepertiga lainnya mendengarkan audiobook, dan sisanya tidak menerima stimulasi pendengaran jenis apa pun.

    Setelah tiga bulan, pasien yang mendengarkan musik mengalami peningkatan memori memori verbal sebanyak 60%, pasien yang mendengarkan audiobook sebanyak 18%, dan pasien yang tidak menerima stimulasi pendengaran sebanyak 29%.

    Penelitian tersebut tidak menyebutkan apakah musik memberikan manfaat langsung pada jaringan otak yang rusak. Namun penelitian lain menunjukkan bahwa musik dapat meningkatkan penyesuaian otak untuk membuat koneksi baru di antara sel-sel saraf.

  4. Meningkatkan aliran darah

    Para ilmuwan mempelajari fungsi arteri dan aliran darah pada 10 sukarelawan sebelum dan setelah mendengarkan berbagai jenis musik, menonton video lucu, atau mendengarkan rekaman relaksasi. Musik yang menyenangkan menghasilkan peningkatan aliran darah 26%, tertawa 19%, dan relaksasi sebanyak 11%.

  5. Mengurangi rasa sakit

    Dalam sebuah studi baru-baru ini, pasien yang menjalani operasi tulang belakang disarankan untuk mendengarkan musik pada malam hari sebelum operasi.

    Ketika diukur pada tingkat nyeri pasca-operasi, kelompok tersebut mengalami pengurangan rasa sakit yang lebih baik daripada kelompok yang tidak mendengarkan musik. Hal ini diduga karena musik berperan pada pelepasan hormon dopamin.

Agar manfaat mendengarkan musik bisa dirasakan sendiri, tak ada salahnya jika Anda ingin memadukannya dengan berbagai macam gerakan atau tarian. Boleh lagu Despacito, ataupun lagu lain yang menjadi favorit Anda.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar