Sukses

Awas, Sering Bawa Ponsel Saat BAB Bisa Picu Penyakit

Tahukah Anda, sering membawa ponsel saat buang air besar (BAB) ternyata bisa picu beberapa penyakit.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang kerap mengisi waktu selama buang air besar (BAB) dengan membawa ponsel ke toilet untuk bermain game atau melihat jejaring sosial miliknya. Tapi, hal tersebut justru dapat picu berbagai penyakit bagi tubuh Anda.

Dikutip dari bintang.com, toilet merupakan tempat bersarangnya sejumlah bakteri dan kuman yang bisa menjadi sumber penyakit. Saat BAB, Anda tidak hanya memegang ponsel tapi juga bagian-bagian lainnya di dalam toilet misalnya dinding, keran air, pintu toilet bahkan memegang tubuh Anda sendiri.

Di sinilah dapat terlihat bahwa membawa ponsel saat Anda BAB bukanlah satu hal yang aman. Bukan karena ponsel berharga jutaan Anda mungkin jatuh ke dalam lubang toilet, tapi penyebaran bakteri dan kuman akan semakin menjadi saat Anda membawa ponsel ke dalam toilet.

Setelah menyentuh keran air, Anda kembali memegang ponsel untuk melakukan aktivitas sebelumnya. Saat itulah terjadi transfer kuman dan bakteri penyebab penyakit yang Anda bawa dari keran air berpindah ke ponsel Anda.

Seorang pakar kebersihan, dr. Lisa Ackerley mengatakan penyebaran kuman dan bakteri akan terus terjadi meskipun Anda telah mencuci tangan setelah BAB. Sebab, sejumlah kuman sudah terlanjur menempel di ponsel Anda.

“Saat Anda memakai ponsel (yang dibawa ke toilet), semua kuman yang ada di ponsel akan kembali ke tangan Anda,” katanya.
Lalu apakah tangan adalah satu-satunya jalan penyebaran kuman yang ada di toilet?

Menurut Ackerley, tangan menjadi pusat transfer kuman dari toilet ke dalam tubuh. Namun semua itu bukanlah satu-satunya jalan. Bakteri dari kotoran Anda bisa menyebar lewat siraman air.

“Menyiram sisa BAB Anda, semprotannya bisa menempuh jarak sekitar enam kaki dari sumber air atau cipratan. Itu sebabnya Anda sebaiknya tidak meninggalkan sikat gigi di sekitar toilet,” kata Ackerley.

Sisa menyiram BAB tersebut juga bisa saja menempel dan mengenai ponsel Anda. Selanjutnya tanpa sadar Anda menggunakan dan menyentuh ponsel tersebut, kemudian melakukan aktivitas lain seperti makan, menggaruk kulit dan lainnya. Hal itu akan jadi mengerikan.

Karena itu, tidak disarankan untuk membawa ponsel ke toilet saat sedang BAB jika tidak ingin Anda dan keluarga terjangkit penyakit. Baca juga artikel lainnya di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar