Perawatan Pria

Tingkatkan Kualitas Sperma dengan Konsumsi Labu Kuning

Gerardus Septian Kalis, 14 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain lezat dan bernutrisi, labu kuning ternyata berkhasiat untuk meningkatkan kualitas sperma, lho.

Tingkatkan Kualitas Sperma dengan Konsumsi Labu Kuning

Labu kuning menjadi identik pada hidangan santapan yang kerap disajikan pada bulan Ramadan. Namun di balik kepopulerannya itu, banyak orang tidak mengetahui bahwa labu kuning memiliki segudang manfaat untuk meningkatkan kualitas sperma.

Pada awal tahun 1900-an, biji labu digunakan untuk mengobati gejala pembesaran prostat serta masalah saluran kemih. Sementara, penelitian saat ini menemukan fakta bahwa selain menjadi nutrisi yang baik, biji labu juga bermanfaat untuk meningkatkan libido pria.

Manfaat biji labu tidak hanya sebatas meningkatkan libido, tapi juga dipercaya untuk membantu menurunkan kolesterol, memperbaiki fungsi prostat, mencegah penyakit jantung, batu ginjal dan osteoporosis.

Diperkirakan 40 persen pria dewasa kekurangan zinc atau seng yang merupakan nutrisi utama dalam memproduksi sperma. Defisiensi zinc memang berkaitan dengan penyebab utama rendahnya kadar testosteron pada pria.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, beta-Karoten pada labu yang kemudian diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, dapat meningkatkan kesuburan.

Mengonsumsi satu cangkir labu kuning dapat memenuhi kebutuhan vitamin A lebih dari 100 persen, vitamin C 20 persen, vitamin E, riboflavin, kalium, tembaga dan mangan hingga 10 persen, dan 5 persen untuk thamin, B6, folat, asam pantotenat, niasin, besi, magnesium dan fosfor.

Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas sperma pada pria yakni merokok. Pasalnya, kualitas sperma akan turun sebanyak 15 persen.

Karena itu Anda disarankan untuk mengonsumsi labu kuning secara rutin, karena sudah terbukti mampu meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, selalu jalankan gaya hidup sehat dan hentikan kebiasaan merokok sekarang juga.

[DA/ RVS]

kualitas spermaSpermaLabu Kuning

Konsultasi Dokter Terkait