Sukses

5 Cara untuk Dukung Kesehatan Saluran Pencernaan Anak

Saluran percernaan anak berfungsi untuk mengolah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Klikdokter.com, Jakarta Saluran pencernaan seseorang, termasuk anak, bermula dari mulut dan berakhir di anus. Di mulut, proses pemecahan dan pembelahan makanan mulai terjadi, lalu produk sisa pencernaan dikeluarkan oleh tubuh melalui anus.

Di antara mulut dan anus terdapat esofagus, lambung, usus halus, pankreas, hati, usus besar, dan rektum (bagian akhir dari usus besar, sebelum anus) yang bekerja sama untuk memproses dan mengubah makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan sel-sel tubuh agar dapat berfungsi secara optimal.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendukung pencernaan anak Anda:

  1. Menambahkan makanan kaya serat setiap hari

    Serat membantu melunakkan feses dan mempermudah alur produk makanan melewati saluran pencernaan. Untuk menambah kandungan serat pada menu makan anak setiap hari, Anda dapat mengganti makanan olahan dengan makanan kaya serat dan nutrisi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan sebagainya. Penambahan serat dapat dilakukan secara bertahap untuk memberi waktu penyesuaian bagi saluran cerna.

  2. Makan dengan porsi lebih kecil, namun lebih sering

    Anak lebih baik mengonsumsi makanan porsi kecil tetapi lebih sering, daripada makan secara berlebihan pada waktu bersamaan. Selain itu, ingatkan anak untuk mengunyah makanan dengan baik sebelum ditelan. Hal ini penting karena terdapatnya enzim pada air liur yang membantu mencerna makanan agar dapat melalui saluran pencernaan dengan lebih baik.

  3. Mendukung aktivitas olahraga secara rutin

    Selain membantu menjaga berat badan Anda, olahraga rutin juga menunjang pencernaan dengan menstimulasi pergerakan makanan di dalam usus.

  4. Menjaga agar tidak kekurangan cairan

    Cairan menunjang sistem pencernaan dengan membantu alur makanan. Bila anak menunjukkan tanda-tanda bosan mengonsumsi air, dapat diselingi sesekali dengan jus buah atau minuman bergizi lainnya untuk menambah variasi.

  5. Mengurangi stres

    Pada saat mengalami stres, tubuh memproduksi hormon yang dapat menghambat kerja saluran pencernaan. Anda dapat menghindari hal ini dengan memastikan anak terhindar dari stres. Salah satu caranya adalah menjaga keseimbangan antara waktu belajar dan waktu bermain anak, serta mengajak anak melakukan aktivitas favoritnya pada waktu luang.

Nah, demikian tadi beberapa cara yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan anak. Kiat di atas juga dapat membantu memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menunjang proses tumbuh kembang anak.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar