Sukses

Ternyata Bayi Sudah Belajar Sejak dalam Kandungan

Tahukah Anda bahwa bayi telah belajar banyak hal sejak dalam kandungan?

Klikdokter.com, Jakarta Bayi yang baru lahir tidak datang ke dunia dengan keadaan ‘kosong’. Ternyata, bayi sudah mempelajari beberapa hal sejak ia masih di dalam kandungan. Apa saja yang dipelajari bayi sebelum menghirup udara dunia?

Dilansir dari bintang.com, ada 3 hal yang mulai dipelajari bayi sejak berada di dalam kandungan sang ibu.

  1. Mengenal rasa

    Sebuah penelitian menyebutkan bahwa di dalam kandungan, bayi dapat membedakan dan mengenali rasa.
    Profesor Peter Hepper dari Universitas Queen di Belfast melakukan penelitian dimana seorang ibu hamil makan bawang putih.

    Hasilnya menarik. Ketika dilahirkan, anak ini cukup menikmati bawang putih, bahkan hingga usianya menginjak 8-9 tahun.

    Penelitian tersebut juga menemukan hasil yang sama terhadap jus wortel. Seorang ibu yang sangat menyukai dan sering minum jus wortel selama kehamilannya membuat sang bayi mengenal rasa tersebut sama seperti saat ia masih di rahim.

  2. Mengenal suara

    Bayi yang masih dalam kandungan dengan sendirinya dapat mengenali dan membedakan suara-suara yang ada di sekitarnya, seperti suara ibunya.

    Para ilmuwan asal Finlandia melakukan penelitian dan membagi sejumlah wanita yang sedang hamil ke dalam dua kelompok. Satu kelompok berisi para wanita hamil yang rutin mendengarkan lagu pengantar tidur. Sementara kelompok lainnya merupakan wanita hamil yang sama sekali tidak mendengarkan lagu pengantar tidur.

    Hasilnya, bayi yang lahir dari wanita kelompok pertama bereaksi terhadap lagu. Sementara bayi dari kelompok kedua tak peduli saat ada lagu diputar.

  3. Mengenal bahasa

    Seorang psikolog dari New York University, Athena Vouloumanos, menyebutkan bahwa bayi sudah mulai bisa mengenali bahasa sejak masih di dalam kandungan.

    Dia membandingkan reaksi bayi baru lahir dengan obrolan dan suara. Hasilnya mengejutkan, ternyata bayi tersebut bereaksi terhadap obrolan. Mereka bahkan lebih tajam ketika mendengar bahasa ibunya.

Siapa sangka, ternyata banyak hal yang telah dipelajari bayi sebelum kelahirannya. Jika sedang mengandung, ada baiknya Anda lebih sering mengajak bayi yang masih di dalam kandungan untuk berinteraksi. Ajak juga mereka mengenali berbagai hal, lewat apa yang Anda lakukan. Baca juga artikel sejenis di sini
[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar