Sukses

Mengapa Terlalu Banyak Tidur Bikin Badan Lemas?

Badan lemas gara-gara terlalu banyak tidur memang dapat terjadi. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan beberapa hal ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat akhir pekan tiba, Anda mungkin ingin tidur sepanjang hari untuk membayar kelelahan bekerja atau lembur di hari-hari sebelumnya. Tapi setelah tidur cukup lama, tubuh justru merasa lemas dan tak bersemangat untuk beraktivitas. Pernahkah Anda merasakan hal tersebut?

Benar. Badan lemas bukan hanya karena kurang tidur, melainkan juga karena tidur terlalu lama. Berdasarkan penelitian, ternyata memang ada hubungan yang sangat erat antara terlalu lama tidur dan terlalu sedikit energi saat bangun tidur.

Jadi, ada penyimpangan secara signifikan dari pola tidur normal. Hal tersebut bisa mengganggu ritme tubuh yang sebelumnya sudah terbentuk. Alhasil, rasa lelah muncul di siang hari atau saat bangun tidur.

Selain badan lemas, ada beberapa dampak yang dapat timbul dari terlalu banyak tidur. Beberapa di antaranya yaitu muncul penyakit diabetes, jantung, obesitas, nyeri kepala, dan depresi.

Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah badan lemas dan dampak buruk lainnya dari terlalu banyak tidur atau oversleeping:

  1. Anda harus mengupayakan tidur selama 7-8 jam dalam sehari.
  2. Meski hari libur, Anda jangan tidur terlalu lama agar ritme di dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.
  3. Buka jendela saat pagi hari agar Anda melihat sinar matahari pagi.
  4. Hindari tidur siang setelah jam empat sore agar Anda bisa tidur malam tepat waktu.
  5. Jangan mengonsumsi kafein secara berlebihan untuk menahan rasa kantuk saat sedang sibuk bekerja.

Nah, demikian tadi beberapa kiat untuk mencegah badan lemas karena terlalu banyak tidur. Meski pekerjaan menumpuk, Anda sebaiknya tetap menyayangi tubuh dengan memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar