HomeInfo SehatKesehatan UmumBadan Lemas Seharian? Mungkin Anda Kebanyakan Tidur!
Kesehatan Umum

Badan Lemas Seharian? Mungkin Anda Kebanyakan Tidur!

dr. Adeline Jaclyn, 17 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidur seharusnya bisa mengembalikan energi. Namun, benarkah kebanyakan tidur justru menyebabkan badan lemas? Ketahui faktanya di sini.

Badan Lemas Seharian? Mungkin Anda Kebanyakan Tidur!

Saat akhir pekan tiba, Anda mungkin ingin tidur sepanjang hari untuk membayar kelelahan bekerja atau lembur di hari-hari sebelumnya. Tetapi, setelah tidur cukup lama, tubuh justru merasa lemas dan tak bersemangat untuk beraktivitas. Pernahkah Anda merasakan hal tersebut?

Badan lemas bukan saja disebabkan oleh kurang tidur, melainkan juga dapat disebabkan oleh tidur yang terlalu lama. Berdasarkan penelitian, ternyata memang ada hubungan yang erat antara kebanyakan tidur dan badan jadi lemas. 

Untuk tahu penyebab selengkapnya, simak penjelasan berikut ini. 

Badan Lemas Akibat Kebanyakan Tidur

Saat terjadi penyimpangan yang signifikan dari pola tidur normal, maka ritme tubuh Anda akan terganggu. Hal inilah yang membuat rasa kelelahan Anda meningkat sepanjang hari. 

Selain badan lemas, ada beberapa dampak yang dapat timbul akibat kebanyakan tidur. Beberapa dampak kesehatan saat tidur terlalu lama adalah penyakit diabetes, jantung, obesitas, nyeri kepala, nyeri punggung, dan depresi.

Waktu tidur yang dibutuhkan seseorang bervariasi, bergantung dari umur, tingkat aktivitas, kesehatan, dan kebiasaan pola hidup. Saat stres atau sakit, mungkin Anda membutuhkan lebih banyak tidur. 

Bila Anda merasa ingin tidur sepanjang hari atau untuk waktu yang lama di malam hari, sebaiknya periksakan diri lebih lanjut ke dokter. Kondisi ini disebut dengan hipersomnia yang merupakan gangguan medis. 

Artikel Lainnya: Badan Lemas Saat Bangun Tidur? Ini 8 Sebabnya

Cegah Lemas dengan Mengatur Waktu Tidur

Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah badan lemas dan dampak buruk lainnya akibat kebanyakan tidur (oversleeping):

  • Anda harus mengupayakan tidur selama 7 hingga 9 jam dalam sehari.
  • Meski hari libur, Anda jangan tidur terlalu lama agar ritme di dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.
  • Buka jendela saat pagi hari agar Anda melihat sinar matahari pagi.
  • Hindari tidur siang setelah jam empat sore agar Anda bisa tidur malam tepat waktu.
  • Jangan mengonsumsi kafein secara berlebihan untuk menahan rasa kantuk saat sedang sibuk bekerja.

Nah, demikian kiat untuk mencegah badan lemas karena terlalu banyak tidur. Meski pekerjaan menumpuk, Anda sebaiknya tetap menyayangi tubuh dengan memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur.

Ketahui fakta atau informasi kesehatan lain dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter langsung melalui fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

tidurBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait