Sukses

Idealkah Berat Badan Anak Saya?

Berat badan anak merupakan salah satu hal utama yang menjadi perhatian orangtua. Bagaimana cara mengetahuinya?

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal bukan saja merupakan hal yang penting bagi orang dewasa, melainkan juga bagi anak. Berat badan anak yang ideal menggambarkan bahwa asupan gizinya cukup untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembangnya.

Berat badan ideal pada anak juga bermanfaat bagi masa depannya. Anak yang memiliki berat badan ideal terbukti memiliki kecerdasan intelektual yang lebih tinggi dan lebih terlindungi dari penyakit jantung dan hipertensi saat dewasa.

Untuk mengetahui apakah anak Anda memiliki berat badan yang ideal, cara yang paling akurat adalah dengan menggunakan kurva pertumbuhan (growth chart). Salah satu kurva pertumbuhan yang dianjurkan untuk anak di Indonesia adalah kurva dalam kartu menuju sehat (KMS).

Kurva ini dapat Anda unduh di http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/Kartu%20Menuju%20Sehat%20KMS.pdf. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan kurva pada KMS:

  1. Ukur berat badan anak Anda.
  2. Garis mendatar/ horizontal menggambarkan umur anak. Tentukan angka di garis horizontal tersebut sesuai usia anak Anda. Tarik garis tegak lurus angka tersebut.
  3. Garis lurus/ vertikal merupakan berat badan anak. Tentukan angka di garis vertikal sesuai berat badan anak. Tarik garis mendatar di angka tersebut.
  4. Hubungkan kedua garis yang Anda buat hingga mendapat titik temu. Titik temu ini menggambarkan kondisi berat badan anak.

Anak Anda memiliki berat badan ideal sesuai usianya bila titik temu berada dalam area warna hijau. Titik temu yang berada di dalam area kuning sisi atas menunjukkan gizi lebih.

Sementara itu titik kuning di area berwarna kuning sisi bawah menunjukkan gizi kurang. Titik temu yang berada di bawah garis berwarna merah menunjukkan kondisi gizi buruk dan perlu ditangani segera.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan fitur http://www.klikdokter.com/p/tumbuh-kembang-anak.. Fitur kalkulator tumbuh kembang anak ini bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui apakah berat badan anak Anda saat ini ideal.

Ukur berat badan anak Anda segera dan ketahuilah apakah berat badan ideal sudah dicapainya. Bila belum, konsultasikan dengan dokter supaya mendapat anjuran dan penanganan yang sesuai.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar