Sukses

Benarkah Minuman Isotonik Bermanfaat bagi Tubuh?

Minuman isotonik dituding bermanfaat bagi tubuh karena mengandung zat elektrolit. Bagaimana pandangan medis?

Klikdokter.com, Jakarta Selain menghilangkan dahaga, minuman isotonik juga sering dikaitkan dengan kondisi tubuh yang lebih segar. Namun, apakah minuman ini benar-benar mampu mengatasi badan lemas dan mengembalikan stamina yang hilang?

Profesor kinesiologi dari Universitas McMaster di Kanada, Martin Gibala, mengatakan bahwa ada dua bahan utama yang baik dalam minuman isotonik.

"Karbohidrat, yang menyediakan bahan bakar untuk otot kerja, dan sodium yang membantu menjaga keseimbangan cairan,” katanya seperti dikutip dari theguardian.com

Selain menjaga keseimbangan cairan, minuman isotonik juga bisa diserap tubuh dengan cepat. Ini karena minuman tersebut memiliki komposisi yang sama dengan darah, sehingga mampu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Ini membuatnya ideal untuk diminum seusai olahraga.

Manfaat Minuman Isotonik

Di antara sekian manfaat minuman isotonik, yang paling menonjol adalah menjaga keseimbangan air dan garam di dalam tubuh. Ini karena peranan zat elektrolit, yang terdiri dari sodium, potasium, kalsium, magnesium, klorida, bikarbonat, fosfat dan sulfa.

Seperti dilansir healthkart.com, sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 1998 di International Journal of Sports Medicine membandingkan minuman berkafein, air mineral natrium rendah, dan larutan elektrolit untuk mengetahui pengaruhnya pada pengendara sepeda.

Hasilnya, relawan yang diberi minuman isotonik mengeluarkan keringat lebih sedikit, dan memiliki intensitas buang air kecil yang lebih jarang selama olahraga.

Sedangkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Edinburgh mendapatkan hasil bahwa atlet yang berada di bawah hidrasi isotonik menunjukkan latihan intensitas tinggi yang lebih konsisten. Di samping itu, aktivitas stop-start mereka juga meningkat sebesar 24%.

Jadi minuman isotonik memang bermanfaat bagi tubuh, khususnya bagi Anda yang hobi olahraga. Meski begitu, minuman ini tetap harus dikonsumsi sesuai dengan porsinya. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberi manfaat baik bagi kesehatan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar