Sukses

5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Untuk menjaga kualitas tidur, peran nutrisi makanan ternyata sangat penting.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, tidur merupakan persoalan yang serius. Tidak semua orang dapat menikmati waktu tidur yang baik dan cukup. Kalaupun waktu tidurnya sudah cukup, ada saja masalah yang datang, misalnya rasa lelah dan sebagainya.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, peran nutrisi ternyata sangat penting. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak:

  1. Ikan

    Menurut artikel yang diterbitkan dalam Annals of New York Academy of Sciences, sebagian besar ikan, terutama salmon, mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat hormon melatonin. Melatonin memiliki peranan penting dalam mengontrol siklus bangun-tidur.

  2. Ceri

    Siapa sangka, buah ceri ternyata kaya akan melatonin sehingga dapat membantu kualitas tidur. Berdasarkan penelitian, meminum secangkir jus ceri dua kali sehari dapat mengurangi tingkat insomnia pada penderita insomnia kronis.

  3. Serealia

    Tak perlu merasa bersalah, makan semangkuk kecil serealia sebelum tidur, terutama serealia rendah gula, sangat baik bagi tubuh. Apalagi jika digabungkan dengan susu. Karena makanan padat karbohidrat dapat meningkatkan ketersediaan triptofan di aliran darah, sehingga dapat membuat tidur lebih pulas.

  4. Pisang

    Pisang dapat mempercepat tidur karena memiliki magnesium dan potasium yang berguna untuk merelaksasi otot. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, pisang juga membuat Anda lebih mudah mengantuk.

  5. Susu

    Susu memiliki nutrisi pengantar tidur yang mengejutkan karena mengandung triptofan. Kalsium pada susu juga efektif dalam mengurangi stres dan menstabilkan saraf. Menggabungkan yoghurt dan susu juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Konsumsi makanan yang sehat dibarengi dengan istirahat cukup dapat memgembalikan energi Anda yang terkuras. Anda pun jadi lebih semangat untuk beraktivitas serta tak mudah lelah. Oleh karena itu, jangan sepelekan peran makanan untuk meningkatkan kualitas tidur.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar