Sukses

Ciri Sakit Pinggang yang Disebabkan Batu Ginjal

Sakit pinggang bisa menyerang siapapun. Tapi Anda perlu mengenali ciri sakit pinggang yang disebabkan batu ginjal.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit pinggang sering dikaitkan dengan gangguan ginjal. Namun, nyeri di daerah pinggang bisa disebabkan berbagai macam penyebab di luar gangguan ginjal seperti gangguan otot, tulang atau saraf.

Nyeri pinggang akibat batu ginjal biasanya tidak hilang saat perubahan posisi. Sedangkan, sakit pinggang yang diakibatkan oleh organ ginjal bisa disebabkan penyakit infeksi di ginjal dan adanya batu ginjal.

Penyakit akibat batu ginjal disebabkan adanya suatu zat yang keras menyerupai kristal/batu yang terdapat di dalam ginjal. Zat tersebut berasal dari sisa limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal kemudian mengendap dan mengkristal.

Jika batu yang terdapat di dalam ginjal berukuran kecil biasanya penderita tidak merasakannya. Namun jika ukuran batu besar, penderita akan merasakan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Sifat nyeri Sifat nyeri akibat gangguan ginjal bisa terjadi secara tiba-tiba (kolik) dengan rasa sakit yang sangat berat.
  • Perubahan warna urine Urine pada penderita gangguan ginjal akan berubah menjadi warna merah.
  • Lokasi nyeri Lokasi nyeri akibat ganguan ginjal berada di bawah tulang punggung di sisi kanan dan kiri dengan batas bawah daerah pinggul.
  • Nyeri saat berkemih Penderita batu ginjal akan merasakan nyeri yang sangat hebat saat berkemih jika ukuran batu cukup besar.
  • Demam Jika nyeri pinggang disertai demam, jika batu di dalam ginjal sudah membuat adanya infeksi di daerah ginjal.

Jadi, wasapadalah ketika Anda mulai merasakan sakit pinggang. Karena bisa jadi ini adalah awal penyakit ginjal. Namun untuk memastikannya, lakukan pemeriksaan urine lengkap dan pemeriksaan darah ureum atau creatinine ke dokter.

[DA/ RVS]

5 Komentar

  • War******iyan

    Penyebabnya apa y dok

  • War******iyan

    Selamat malam dok ini saya merasakan nyeri pinggang sebelah kiri sudah minum obat Neo remasil sudah saya minum tp masih ada rasa sakit bgt buat berdiri aja kaya sakit bgt ini kejadiannya tadi malam Minggu malam Senin tadi juga berangkat kerja sudah terasa sudah saya kasih koyo cabe masih aja sakit buat makan rasanya ga bs dok saya masih ngerasain sakit pinggang sebelah kiri tp sebelah pinggang sebelah kanan berasa kembung dok saya baru" ini saya ngalamin sakit pinggang rasanya kaya ditusuk" pake paku itu berbahaya ga dok sakit pinggang

  • Ulv******tion

    Akhir2 ini saya merasakan sakit pinggang dok,kalo duduk tegak sakitnya kerasa ,,terus juga kalo abis duduk terus berdiri pinggang saya terasa begitu sakit,kadang sakitnya kena perut sebelah kiri dok,2bulan kemaren saya kecelakaan,apa sakit pinggang saya faktor kecelakaan dok? Apa berbahaya dok?