Ginjal dan Saluran Kemih

Ciri Sakit Pinggang yang Disebabkan Batu Ginjal

dr. Dyah Novita Anggraini, 13 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit pinggang bisa menyerang siapapun. Tapi Anda perlu mengenali ciri sakit pinggang yang disebabkan batu ginjal.

Ciri Sakit Pinggang yang Disebabkan Batu Ginjal

Sakit pinggang sering dikaitkan dengan gangguan ginjal. Namun, nyeri di daerah pinggang bisa disebabkan berbagai macam penyebab di luar gangguan ginjal seperti gangguan otot, tulang atau saraf.

Nyeri pinggang akibat batu ginjal biasanya tidak hilang saat perubahan posisi. Sedangkan, sakit pinggang yang diakibatkan oleh organ ginjal bisa disebabkan penyakit infeksi di ginjal dan adanya batu ginjal.

Penyakit akibat batu ginjal disebabkan adanya suatu zat yang keras menyerupai kristal/batu yang terdapat di dalam ginjal. Zat tersebut berasal dari sisa limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal kemudian mengendap dan mengkristal.

Jika batu yang terdapat di dalam ginjal berukuran kecil biasanya penderita tidak merasakannya. Namun jika ukuran batu besar, penderita akan merasakan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Sifat nyeri Sifat nyeri akibat gangguan ginjal bisa terjadi secara tiba-tiba (kolik) dengan rasa sakit yang sangat berat.
  • Perubahan warna urine Urine pada penderita gangguan ginjal akan berubah menjadi warna merah.
  • Lokasi nyeri Lokasi nyeri akibat ganguan ginjal berada di bawah tulang punggung di sisi kanan dan kiri dengan batas bawah daerah pinggul.
  • Nyeri saat berkemih Penderita batu ginjal akan merasakan nyeri yang sangat hebat saat berkemih jika ukuran batu cukup besar.
  • Demam Jika nyeri pinggang disertai demam, jika batu di dalam ginjal sudah membuat adanya infeksi di daerah ginjal.

Jadi, wasapadalah ketika Anda mulai merasakan sakit pinggang. Karena bisa jadi ini adalah awal penyakit ginjal. Namun untuk memastikannya, lakukan pemeriksaan urine lengkap dan pemeriksaan darah ureum atau creatinine ke dokter.

[DA/ RVS]

ginjalsakit pinggang

Konsultasi Dokter Terkait