Sukses

Susah BAB? Coba Makan Bunga Pepaya

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sulit BAB adalah makan bunga pepaya. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Sulit BAB dapat disertai gejala nyeri pada perut, mulas, dan perut terasa penuh atau kembung. Jika Anda mengalami kesulitan BAB tak ada salahnya makan bunga pepaya

Bunga pepaya mengandung zat yang bernama papain. Papain ini sebenarnya adalah suatu enzim yang proteolitik atau membantu pencernaan protein.

Papain dapat ditemukan pada berbagai bagian dari pepaya, misalkan bunga dan buah pepaya. Namun, kandungan tertinggi papain ditemukan pada buah pepaya yang sudah matang.

Papain dipercaya dapat mempercepat proses pencernaan. Sebuah studi menemukan papain aktif dalam lingkungan asam seperti pada lambung.

Enzim ini juga membantu fermentasi zat yang baik bagi kesehatan. Papain bahkan dapat membantu protein yang sulit dicerna seperti gluten, yang sering menjadi momok bagi orang dengan masalah pencernaan.

Studi lainnya mempelajari efek suplemen pepaya terhadap gangguan pencernaan. Pasien dengan gangguan pencernaan kronis diminta untuk mengonsumsi konsentrat pepaya dalam waktu 40 hari. Hasilnya, perbaikan beberapa gejala seperti konstipasi (sulit BAB) dan kembung setelah konsumsi suplemen pepaya.

Bunga pepaya secara alami memang memiliki rasa yang cukup pahit, sehingga beberapa orang enggan mengonsumsinya. Namun, jika dimasak dengan tepat, bunga pepaya dapat diolah menjadi sayuran nikmat tanpa rasa pahit.

Jadi konsumsi bunga pepaya secara rutin ya agar pencernaan dan masalah BAB dapat teratasi. Baca artikel serupa di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar