Sukses

Simak 5 Hal Ini untuk Menjaga Kesuburan Wanita

Anda tengah merencanakan kehamilan? Jika ya, simak beberapa hal ini untuk menjaga kesuburan wanita.

Klikdokter.com, Jakarta Hamil dan punya keturunan merupakan dambaan setiap wanita yang telah berkeluarga. Namun banyak wanita yang mengeluh sulit hamil setelah lama menikah. Gangguan kesuburan pada wanita bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Ada banyak hal yang bisa memicu gangguan kesuburan pada wanita. Salah satunya yaitu stres akibat pekerjaan. Berikut ini beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi kesuburan pada wanita:

  1. Berat Badan

    Saat tengah merencanakan kehamilan atau sedang hamil, seorang wanita perlu memperhatikan berat badannya. Persentase lemak tubuh atau body fat bagi wanita sebaiknya tidak berada di atas 10-15 persen berat badan normal.

    Wanita yang ingin hamill juga tidak boleh diet secara berlebihan. Pasalnya, berat badan yang berada di bawah berat badan normal wanita pun dapat memengaruhi kesuburan. Berat badan yang perlu disiapkan pun tidak boleh berada di bawah 10-15 persen berat normal.

  2. Jadwal menstruasi

    Jadwal menstruasi yang tidak teratur pada wanita dapat memengaruhi proses ovulasi. Selain itu, jika darah yang keluar tidak menentu saat menstruasi, terlalu banyak atau terlalu sedikit, dapat membuat kesuburan wanita terganggu.

    Stres akibat tekanan kerja juga dapat memicu keterlambatan menstruasi. Stres menjadi ancaman dan salah satu penyebab banyaknya penyakit yang memengaruhi tubuh. Jika wanita mengalami stres emosional, ada kemungkinan akan mengalami gangguan menstruasi lantaran gangguan siklus hormonal.

  3. Penyakit

    Penyakit yang diderita wanita dapat memengaruhi kesuburan. Wanita yang menderita penyakit seperti lupus, diabetes, tiroid, dan radang sendi punya peluang mengalami gangguan kesuburan.

  4. Konsumsi obat

    Bagi wanita yang mengonsumsi sejumlah obat-obatan harus mulai mengubah kebiasaannya. Sebab, obat-obatan yang dikonsumsi wanita dengan intensitas tinggi dapat mengganggu kesuburan sementara.

    Bila ingin mengonsumsi antidepresan, antibiotik, obat penghilang rasa sakit, dan obat lain yang digunakan untuk mengobati gangguan kronis, wanita perlu berpikir ulang.

  5. Alkohol dan rokok

    Wanita kerap menghalau stres dengan menghabiskan waktu bersama teman-teman. Dalam acara kumpul-kumpul tersebut, tak jarang alkohol dan rokok menjadi menu pelengkap.

Jika hal itu yang terjadi, wanita perlu berhati-hati. Pasalnya, wanita yang memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok secara berlebihan dapat menyebabkan ketidaksuburan.

Jadi, jika Anda adalah seorang wanita yang tengah merencanakan kehamilan, Anda perlu memperhatikan hal-hal di atas. Yuk, mulai sekarang hindari kebiasaan yang dapat mengganggu kesuburan Anda. Bila Anda masih tertarik dengan informasi terkait, selengkapnya baca di sini.

[BA/ RVS]

1 Komentar

  • Dina Kusnari

    malam dok..sy mau tanya..anak terakhr sy berumur 15bulan..menstruasi terakr sy jan 2017(thn lalu)kt bidan itu pangaruh kb suntik.. yg mau sy tanyakan..jk sy ingn hamil lg apa harus menstruasi dulu?? terima kasih☺