Sukses

Rutin Konsumsi Chia Seed bisa Melangsingkan Tubuh?

Mengonsumsi chia seed secara rutin dipercaya dapat berkhasiat melangsingkan tubuh. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Pernah mendengar Chia Seed atau biji Chia? tanaman ini merupakan biji dari tanaman Salvia Hispanica menyimpan banyak manfaat bagi wanita yang ingin memiliki tubuh langsing. Karena itu, biji Chia berkhasiat menurunkan berat badan.

Pada zaman pra-Hispanik, biji Chia banyak digunakan untuk pembuatan makanan, obat-obatan dan cat. Karena kepopuleran akan nutrisinya yang besar, hingga kini biji Chia masih dianggap sebagai makanan super. Bahkan, suku Aztec menganggap biji Chia sebagai salah barang yang berharga.

Manfaat lainnya, Chia berguna untuk menurunkan kadar gula dan mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat membantu mengatur kadar insulin. Mempunyai serat yang tinggi, Chia juga dapat membantu Anda membersihkan kotoran dari tubuh.

Seperti jenis biji-bijian lainnya, Chia lambat untuk dicerna oleh tubuh. Karena itu, Anda perlu membatasi satu sendok makan per hari untuk mengetahui bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadapnya.

Efek yang Menguntungkan

Secara teori, Chia seharusnya berkembang di perut untuk membantu Anda merasa kenyang yang pada akhirnya menurunkan berat badan. Tapi menurut penelitan yang dilakukan profesor di Appalachian State University di North Carolina, David Nieman, DrPH justru menunjukkan sebaliknya.

“Selama 12 minggu, kami tidak melihat adanya perubahan nafsu makan atau penurunan berat badan pada peserta studi yang mengonsumsi biji chia. Studi kami menunjukkan tidak ada penurunan berat badan, lemak tubuh dan tidak ada perbaikan pada penanda kardiovaskular tradisional dari 50 gram chia per hari,” ujarnya.

Sebuah penelitian yang mengulas bukti ilmiah tentang chia yang dilakukan chief editor of Natural Standard Research Collaboration, Catherine Ulbricht menemukan hasil yang serupa. “Bukti terbatas pada chia, dan hanya dua uji klinis yang meneliti kesehatan jantung dan berat badan. Satu menunjukkan efek hati yang menguntungkan, namun tidak menunjukkan efek pada penurunan berat badan,” kata Catherine.

Meski banyak orang telah memasukan Chia Seed dalam menu harian mereka untuk mengurangi lemak, kebenaran dari penelitian tentangnya memang belum menjanjikan untuk melangsingkan tubuh. Tapi melihat manfaat lain untuk tubuh tidak ada salahnya Anda untuk mengonsumsinya. Baca juga artikel lainnya di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar