Sukses

Cegah Kanker Payudara dengan Pemeriksaan Ini

Langkah sederhana ini dapat menyelamatkan hidup Anda dari bahaya kanker payudara.

Klikdokter.com, Jakarta Kanker payudara masih menjadi salah satu penyakit yang mengintai nyawa kaum wanita. Sekitar 1 dari 36 wanita meninggal akibat penyakit berbahaya ini.

Faktanya, kanker payudara sering kali dideteksi saat penyakit sudah memasuki tahap lanjut. Padahal, penyakit ini bisa dideteksi dini dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dapat dilakukan oleh setiap wanita. Sebaiknya, pemeriksaan dilakukan paling tidak satu bulan sekali.

Pemeriksaan dapat dilakukan mulai dari beberapa hari sebelum, hingga satu minggu setelah menstruasi. Bila Anda sedang hamil atau tidak mengalami menstruasi lagi (menopause), pilihlah satu hari khusus untuk melakukan pemeriksaan ini.

Berikut langkah-langkah pemeriksaan payudara sendiri (SADARI):

  1. Berdirilah di hadapan cermin, dengan bahu tegak dan kedua tangan di pinggang. Perhatikan, apakah terdapat perubahan ukuran, bentuk, dan warna pada payudara Anda.

  2. Masih di depan cermin, sekarang angkat kedua tangan dan perhatikan kembali payudara Anda. Cari tahu ada atau tidaknya perubahan ukuran, bentuk, dan warna pada payudara Anda.

  3. Membungkuklah hingga payudara terjulur ke bawah. Perhatikan ada atautidaknya perubahan pada payudara Anda.

    Perhatikan juga posisi payudara kanan dan kiri saat Anda membungkuk, apakah sejajar atau ada yang lebih besar ukurannya. Kemudian, tekan puting payudara secara perlahan dengan ibu jari dan telunjuk, lalu perhatikan apakah ada cairan keluar dari puting.

  4. Sambil berbaring, letakkan bantal kecil di bawah pundak dan tempatkan tangan kanan di bawah kepala Anda. Dengan menggunakan tangan kiri, periksa payudara Anda yang kanan, begitu pula sebaliknya.

    Selanjutnya, tekan seluruh area payudara dengan gerakan memutar, mulai dari yang terluar (arah jam 12) hingga mencapai puting. Rasakan dan perhatikan apakah terdapat benjolan, kepadatan, atau cairan yang keluar dari puting.

  5. Kembali ke posisi berdiri, angkat satu tangan ke belakang kepala dan gunakan tangan lainnya untuk memeriksa payudara
    (seperti langkah nomor 4). Pemeriksaan ini akan lebih mudah dilakukan ketika Anda sedang mandi.

    Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI):
    1. Terdapat benjolan keras pada payudara atau ketiak
    2. Payudara terlihat bengkak dan kulitnya mengalami perubahan warna
    3. Keluar cairan selain ASI dari puting, seperti cairan kekuningan atau darah
    4. Puting berubah bentuk atau tertarik ke dalam

Apabila terdapat perubahan tersebut, jangan ragu untuk segera membawa diri ke dokter guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Ingatlah bahwa kanker payudara telah meregang banyak nyawa. Dengan mengetahui kehadiran penyakit ini melalui pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), keberhasilan pengobatan oleh tenaga ahli menjadi akan semakin tinggi!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar