Sukses

Yuk, Kenali Diet Detoks dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Diet detoks dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hati merupakan organ yang paling berat bekerja di dalam tubuh. Keterbatasan fungsinya membuat sebagian orang mencari cara untuk menjaga kesehatan organ yang satu ini. Salah satu cara yang digemari adalah dengan diet detoks. Diet tersebut dilakukan untuk menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh. 

Mengenal Diet Detoks

Diet bukan semata-mata untuk menurunkan badan, melainkan mengatur pola makan dengan sebaik mungkin serta menyesuaikan dengan kondisi tubuh untuk mencapai tujuan tertentu. Lalu, apa yang dimaksud dengan diet detoks?

Diet detoks adalah pengaturan pola makan yang dilakukan untuk membersihkan tubuh dari racun. Biasanya diet ini melibatkan periode puasa, yang diikuti dengan konsumsi sayur, buah, jus buah, dan air. 

Diet detoks dianjurkan pada beberapa kondisi berikut:

  • Penderita diabetes
  • Penderita penyakit jantung
  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Memiliki kolesterol tinggi
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Kurang gizi

Artikel Lainnya: Mengungkap Efektivitas Detoks dengan Teh

1 dari 3 halaman

Konsep Diet Detoks

Pada prinsipnya, diet detoks menekankan pola makan dan minum yang sehat, bebas dari racun atau zat berbahaya bagi tubuh. Diet ini dapat membantu tubuh dalam menetralkan racun secara alami. Beberapa konsep diet detoks adalah sebagai berikut:

  • Menghindari makanan cepat saji yang mengandung kadar lemak jahat dan kolesterol yang tinggi.
  • Menjaga hidrasi yang cukup dengan minum air putih. 
  • Makan 5 hingga 9 porsi sayur dan buah setiap hari.
  • Mengonsumsi serat yang cukup dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Makan makanan yang dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh seperti sayuran, buah beri, bawang merah dan bawang putih, susu, serta green tea.
  • Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup, karena ada beberapa jenis asam amino yang bermanfaat dalam proses detoksifikasi.
  • Mengonsumsi suplementasi vitamin dan mineral bila diperlukan, karena beberapa jenis vitamin diperlukan dalam proses detoksifikasi.
  • Makan makanan yang terfermentasi seperti yoghurt atau minuman probiotik untuk menetralisir racun dalam saluran cerna.
  • Menjaga pola buang air besar yang teratur.

Artikel Lainnya: Fakta di Balik Manfaat Diet Detoks bagi Kesehatan

2 dari 3 halaman

Cara Diet Detoks

Karena diet detoks ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi atau ahli gizi agar ditentukan apakah kebutuhannya sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Setelah melakukan konsultasi dan mendapatkan persetujuan dari dokter Anda, berikut beberapa cara diet detoks yang dapat Anda lakukan: 

  1. Konsumsi Makanan yang Tepat 

Saat melakukan diet detoks, pastikan Anda konsumsi makanan yang tepat dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Anda bisa memilih sayur dan buah yang Anda sukai.

  1. Cukupi Kebutuhan Air Putih 

Berikutnya, pastikan Anda mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Semakin banyak Anda konsumsi air putih, maka zat-zat racun yang berbahaya di dalam tubuh akan semakin berkurang.

Artikel Lainnya: Detoks Gula Bikin Tubuh Lebih Sehat?

  1. Olahraga Rutin 

Aturan detoks tubuh selanjutnya adalah dengan berolahraga. Olahraga rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga membantu menghilangkan racun di dalam tubuh. 

  1. Istirahat yang Cukup 

Istirahat yang cukup 8 jam di malam hari dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh karena di malam hari sel-sel beregenerasi.

  1. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein, Soda, dan Alkohol  

Minuman yang mengandung kafein, soda, dan alkohol dapat mengganggu proses detoksifikasi tubuh, terutama alkohol yang memengaruhi organ hati. Saat memecah, alkohol dapat berubah menjadi asetaldehida. Asetaldehida adalah zat kimia yang bisa merusak sel-sel hati dan jaringan tubuh yang lain. 

Sebenarnya, mungkin secara tidak sadar Anda telah menjalankan beberapa di antara konsep diet detoks ini, tetapi belum dirutinkan setiap hari. Bagi yang belum, tidak ada salahnya mencoba menerapkan diet detoks ini dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga fungsi hati dan kondisi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.  

Namun ingat, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk menjalani diet detoks.

Jika memiliki pertanyaan seputar diet detoks dan gaya hidup sehat lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan Live Chat 24 jam di KlikDokter. 

[WA/ RS]

2 Komentar

  • Nurrahmi Zahra

    dokter saya mau tanya usia saya 26 tahun saya punya penyakit asma kenapa da hampir 10 hari ini kambuh terus apa karna terpapar asap karna saya bekerja di depan tungku api. apa memang paru-paru saya sudah tidak bagus lagi

  • Sering minum air kelapa muda juga bagus buat hilangkan detok, apalagi kelapa hijau