Sukses

Awas, Bau Mulut Bisa Jadi Hati Anda Bermasalah

Jangan abaikan bau mulut karena ada bahaya gangguan hati di balik hal tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit orang yang pernah mengeluhkan masalah bau mulut . Sekitar 50–60% di antaranya merasa sangat terganggu akan hal ini.
Sebagian besar kasus bau mulut yang dialami memang terjadi akibat gangguan kesehatan pada mulut. Namun 10–13% kasus bau mulut terjadi akibat gangguan pada sistem pernapasan, gangguan ginjal, diabetes maupun gangguan pada hati.

Ya, gangguan pada organ hati memang dapat menimbulkan bau mulut. Bau mulut yang disebabkan oleh gangguan hati (fetor hepatikum) ini sangat khas, yaitu agak manis, pengap, serta berbau seperti tinja. Tak jarang bau mulut akibat gangguan hati disebut sebagai ‘nafas kematian’ akibat kondisi hati yang sangat buruk.

Bau mulut khas ini terjadi pada pasien pengerasan hati (sirosis hati). Pada penyakit ini, fungsi hati dalam memetabolisme berbagai zat menurun. Peningkatan konsentrasi zat yang berbahaya di dalam tubuh seperti amoniak inilah yang menimbulkan aroma mulut yang khas.

Bau mulut ini merupakan tanda akhir adanya gangguan hati yang selama ini tidak pernah ditangani sejak awal. Pada penderita penyakit hati, hal ini menunjukkan kemungkinan timbulnya gangguan sistem saraf yang lebih kompleks seperti penurunan kesadaran, gangguan kepribadian serta mental penderita akibat pengaruh zat-zat berbahaya tersebut pada sistem saraf.

Kini Anda telah mengetahui ternyata penyebab bau mulut semata-mata bukan hanya masalah pada gigi dan mulut saja. Bau mulut juga bisa mengindikasikan terjadinya gangguan hati serius yang perlu ditangani segera.

Karena itu, selalu perhatikan kondisi tubuh Anda. Jangan menganggap remeh masalah bau mulut. Bisa jadi hal tersebut menunjukkan adanya gangguan fungsi tubuh seperti hati yang lebih serius.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar