Sukses

5 Rahasia Kotor di Kantor Anda

Ada rahasia kotor yang bersembunyi di kantor Anda. Ya, benda-benda ini memiliki rahasia lebih kotor dibandingkan ‘gosip’ panas di kantor

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin tak pernah menyadarinya. Namun faktanya, beberapa benda di kantor Anda menyimpan rahasia kotor yang tak pernah terbayangkan.

Jangan langsung berpikir yang bukan-bukan. Sebab hal kotor yang sedang dibicarakan di sini adalah soal bakteri dan kuman. Percayalah, Anda tak akan menyukai apa yang sanggup mereka lakukan pada hidup Anda.

Jadi, benda apa saja yang perlu Anda curigai di kantor? Temukan benda-benda tersebut dan bersiaplah menaklukkan mereka.

Rahasia #1: TeleponKami tahu bahwa benda yang satu ini merupakan salah satu alat komunikasi vital di gedung perkantoran manapun. Tak hanya berfungsi sebagai sarana penghubung komunikasi, telepon juga bisa disebut sebagai sarana penyebar penyakit.

Coba perhatikan, berapa banyak orang yang menggunakan telepon di kantor Anda. Pernahkah Anda memikirkan apa saja yang telah disentuh atau lakukan orang-orang yang menggunakan telepon tersebut?

Hal lain yang juga penting adalah seberapa sering Anda membersihkan telepon tersebut? Tak pernah? Ha! Sekarang Anda tahu kenyataannya. Artinya, selain kuman dari sentuhan orang-orang, pada benda tersebut juga melekat debu dan kotoran yang bercampur dengan udara.

Rahasia #2: Keyboard komputerPernah mendengar istilah Qwerty Tummy? Istilah ini memang masih asing bagi kebanyakan orang. Ini adalah gangguan kesehatan yang disebabkan karena keyboard komputer yang kotor.

Para peneliti dari sebuah organisasi di Inggris melakukan studi mengenai higienisitas kantor. Hasilnya, mereka menemukan fakta bahwa keyboard komputer memiliki risiko yang besar sebagai tempat berkumpulnya bakteri e-coli. Bakteri ini bisa menimbulkan gangguan pencernaan dan lima kali lipat lebih kotor dari dudukan toilet.

Rahasia #3: Finger scanBeberapa bakteri sangat menyukai tempat yang sempit dan hangat –seperti mesin absen bernama finger scan. Ini merupakan tempat ideal bagi para kuman untuk membentuk pasukannya.

Sebagian besar perusahaan memang menggunakan benda yang satu ini sebagai alat untuk mencatat kehadiran karyawannya. Anda cukup menempelkan permukaan jari Anda pada scanner. Kehadiran Anda pun langsung tercatat pada sistem. Mudah sekali.

Begitu juga dengan puluhan karyawan lain di kantor Anda. Setiap kali ada jari yang ditempelkan, maka setiap kali itu pula ada bakteri dan kuman yang ikut menempel di sana. Dan ada kemungkinan bakteri terikut pada jari yang menempel berikutnya. Begitulah seterusnya, seperti lingkaran setan.

Suka atau tidak, Anda turut berperan dalam penyebaran tersebut. Sayangnya, saat dilakukan pembersihan rutin, ini adalah bagian yang paling sering terlewatkan. Jadi, coba ingatkan petugas kebersihan di kantor Anda untuk tidak melewatkan mesin ini.

Rahasia #4: Keran dispenserOffice boy di kantor Anda boleh saja merasa bangga karena tak pernah lupa membersihkan mulut gallon minuman dengan tissue pembersih setiap kali akan menggantinya. Sayangnya itu saja tak cukup.

Sebab ada ‘organ’ lain yang tak kalah penting namun justru seringkali terlewatkan. Keran dispenser.

Kondisinya yang selalu lembab membuatnya menjadi tempat ideal bagi perkembangan bakteri e-coli dan salmonella typhi yang merupakan biang kerok demam tifoid. Dan ini juga adalah tempat paling berisiko sebagai media berkembangnya jamur.

Rahasia #5: Gagang pintu toiletToilet di kantor Anda boleh saja terlihat bersih –dengan dinding keramik berwarna putih cemerlang. Tapi hanya karena Anda tak melihatnya, bukan berarti tempat itu bebas dari kuman.

Bahkan lebih buruk lagi, bagi kuman pegangan pintu di toilet nyaris bagaikan taman bermain. Ya, mengapa tidak? Sepanjang hari ada puluhan orang keluar masuk ruangan kecil itu.

Anda tak akan bisa memastikan bahwa setiap orang yang akan keluar dari ruangan tersebut telah mencuci tangan mereka dengan sempurna. Tak semua orang memiliki kesadaran akan pentingnya hal itu.

Kemudian tambahkan berbagai aktivitas ‘pembuangan’ yang terjadi di ruangan itu. Maka jadilah ini tempat yang sempurna bagi penyebaran kuman dan bakteri.

Baiklah, kini Anda berhasil mengungkap beberapa rahasia kotor di kantor Anda. Agar terbebas dari gangguan kesehatan yang mengintai di balik rahasia itu, Anda harus mulai bertindak. Lakukan pembersihan dan ajak rekan-rekan di kantor untuk turut serta. Selamat mencoba!

0 Komentar

Belum ada komentar