Sukses

Berapa Kadar Kolesterol yang Normal untuk Orang Dewasa?

Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Namun berapa kadar kolesterol yang tergolong normal?

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh sesungguhnya membutuhkan kolesterol agar dapat berfungsi dengan baik. Namun angka kolesterol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, skrining secara rutin sangat dibutuhkan guna mengetahui apakah kadar kolesterol normal atau tinggi.

Lakukan pengecekan secara rutin

Berdasarkan panduan dari the National Cholesterol Education Program, angka kolesterol total anak usia 2–18 tahun yang dianjurkan adalah

Bagi orang dewasa dan anak, angka kolesterol yang normal berbeda-beda. Berdasarkan National Heart, Lung, and Blood Institute, berikut ini adalah nilai normal untuk orang dewasa:

  Kolesterol total HDL LDL Trigliserid
Baik >40 mg/dl 
Ambang batas 200 – 239 mg/dl 130 – 159 mg/dl150 – 199 mg/dl
Tinggi >240 mg/dl >160 mg/dl>200 mg/dl

The American Heart Association merekomendasikan setiap orang dewasa untuk melakukan pengecekkan kolesterol rutin setiap 4–6 tahun, dimulai dari usia 20 tahun. Seiring dengan bertambahnya usia, angka kolesterol akan cenderung meningkat.

Pemeriksaan kolesterol diawali dengan berpuasa selama 9–12 jam terlebih dahulu. Anda dianjurkan untuk skrining lebih rutin bila merokok, memiliki tekanan darah tinggi, kadar kolesterol HDL yang rendah (

Anda juga dianjurkan untuk skrining lebih rutin bila memiliki riwayat penyakit jantung di keluarga (ayah atau saudara laki-laki sebelum usia 55 tahun, ibu atau saudara perempuan sebelum usia 65 tahun).

Perlu diketahui pula bahwa pria lebih berisiko tinggi dibandingkan wanita. Namun sebaliknya saat wanita mengalami menopause, wanita memiliki risiko tinggi terkena kolesterol.

Untuk itu, menerapkan pola hidup sehat sangat penting seperti berolahraga teratur, mengonsumsi serat lebih banyak, mengonsumsi lemak baik (lemak tak jenuh), dan membatasi makanan tinggi kolesterol dan berhenti merokok. Mulailah sedini mungkin agar Anda merasakan manfaatnya di hari tua.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar