Sukses

Cara Alami Mengatasi Varises

Varises terjadi karena adanya tekanan pada dinding pembuluh vena. Untuk mengatasi varises, ada cara-cara mudah yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

Tidak ada satu orang pun yang ingin memiliki varises di tubuhnya, baik laki-laki maupun perempuan. Sayangnya, meski sudah melakukan berbagai cara, tampilan pembuluh darah di kulit ini sering kali tidak bisa dihindari.

Varises terjadi karena adanya tekanan pada dinding pembuluh vena. Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari jenis kelamin, usia, hingga kehamilan.

Pembuluh vena yang membengkak tersebut menyebabkan katup melemah. Nah, katup yang melemah akan mengganggu aliran darah ke jantung, sehingga terbentuk endapan di vena bagian ujung. Jika hal ini terus terjadi, endapan akan membuat pembuluh vena bengkak, merusak katup, dan muncullah varises.

Terganggu dengan varises? Berikut cara mengatasi varises secara alami yang bisa Anda lakukan:

1 dari 6 halaman

1. Olahraga Teratur

Dengan melakukan olahraga rutin, maka akan melancarkan aliran darah termasuk pembuluh darah vena yang mengalami pembengkakan. Dengan begitu, endapan akan berkurang sehingga bengkak pun ikut berkurang.

Artikel Lainnya: Ini Akibatnya Jika Anda Menyepelekan Varises

2. Mengurangi Berat Badan yang Berlebih

Obesitas adalah salah satu faktor risiko varises. Menjaga berat badan tetap ideal dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Otomatis, varises bisa teratasi.

2 dari 6 halaman

3. Konsumsi Makanan Tinggi Kalium

Makanan tinggi kalium mampu mengurangi retensi air yang memperburuk kondisi varises. Hal ini bertentangan dengan sodium atau garam yang justru menahan atau menyebabkan retensi air. Makanan tinggi potasium meliputi tuna, salmon, sayuran hijau, serta kacang almond.

4. Gunakan Stocking Varises atau Bebat Kompresi

Cara mengatasi varises secara alami lainnya adalah dengan penggunaan stocking varises. Stocking khusus ini direkomendasikan oleh para ahli, karena berguna untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah varises. Terlebih ketika aktivitas kaki tertekuk dalam waktu cukup lama atau berdiri cukup lama.

3 dari 6 halaman

5. Atur Posisi Kaki

Posisi kaki yang terlalu lama menggantung atau tertekuk, atau terlalu lama berdiri, dapat memperburuk varises Anda. Jika Anda tidur, letakkan kaki sedikit lebih tinggi dengan menggunakan bantal. Lalu, jika berada dalam perjalanan jauh di pesawat atau mobil, usahakan untuk mengubah posisi secara berkala.

Artikel Lainnya: Stoking untuk Varises, Efektifkah Pemakaiannya?

6. Konsumsi Antioksidan

Konsumsi antioksidan bisa menjadi pengobatan varies yang alami. Sebab, salah satu hal yang menyebabkan terjadinya varises adalah radikal bebas. Radikal bebas dari proses oksidasi lemak dapat merusak dinding dan kelenturan pembuluh darah.

Antioksidan tersebut meliputi pycnogenol, flavonoid, serta buah-buahan seperti  blueberry dan alpukat.

4 dari 6 halaman

7. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat dan Heels

Cara mengatasi varises lainnya adalah dengan menghindari pakaian terlalu ketat. Pasalnya, pakaian terlalu ketat dapat membuat gangguan pada tekanan pembuluh vena, yang akhirnya menyebabkan varises. Begitupun dengan penggunaan heels yang terlalu lama.

8. Pijat Refleksi

Salah satu cara mengatasi varises secara alami ialah pijat refleksi. Pijat refleksi dipercaya mampu menormalkan kondisi pembuluh darah penyebab varises dan merilekskan otot di sekitarnya.

Artikel Lainnya: Sering Gunakan High Heels Bisa Picu Varises?

Meski demikian, ibu hamil harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pijat refleksi. Bagi ibu hamil, tidak disarankan melakukan pijat ini karena dapat merusak pembuluh darah yang rapuh.

5 dari 6 halaman

9. Konsumsi Makanan yang Mengandung Flavonoid

Cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid, seperti bayam, paprika, atau brokoli. Flavonoid juga terdapat pada buah-buahan, antara lain anggur, stroberi, ceri, blueberry, dan apel.

Zat flavonoid pada makanan tersebut juga berguna untuk menyehatkan jantung, sehingga dapat memperlancar peredaran darah dan membuat pembuluh darah lebih rileks.

Itulah cara mengatasi varises yang bisa Anda coba di rumah. Jika varises semakin parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan tindakan medis yang tepat untuk menangani kondisi Anda. 

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar cara mencegah varises, bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Live Chat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

[FY]

3 Komentar