Sukses

Cara Alami Atasi Varises

Varises sangat mengganggu penampilan, terutama bagi kaum wanita. Begini cara mencegah dan mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak ada satu orang pun yang ingin memiliki varises di tubuhnya, baik laki-laki maupun perempuan. Sayangnya meski sudah melakukan berbagai cara, goresan di kulit ini sering kali tidak bisa dihindari.

Varises adalah vena yang mengalami pembengkakkan karena arus balik darah yang terganggu. Hal ini menyebabkan pembuluh darah vena menjadi menonjol di permukaan kulit.

Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya varises adalah radikal bebas. Ini karena radikal bebas dari proses oksidasi lemak dapat merusak dinding dan kelenturan pembuluh darah.

Atas alasan tersebut, antioksidan memiliki peranan penting dalam mencegah dan mengurangi varises. Ini karena antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas, dan memperkecil risiko kerusakan pembuluh darah.

Terganggu dengan varises? Berikut bahan alami tinggi antioksidan yang bisa membantu mencegah dan mengurangi varises:

  1. Pycnogenol

    Pycnogenol adalah senyawa yang berasal dari ekstrak kulit pohon pinus. Ini merupakan antioksidan kuat.

    Pycnogenol mampu mengurangi bengkak di kaki, memperkuat dinding pembuluh darah, dan meningkatkan kelenturan. Ini membuatnya sangat efektif dalam mengurangi risiko terjadinya varises.

    Penelitian di International Journal of Angiology menemukan bahwa responden dengan varises kronis yang diberikan suplementasi pycnogenol mengalami perbaikan dinding pembuluh darah, dan varises yang berkurang.

  2. Blueberry

    Blueberry merupakan buah dengan kandungan antioksidan yang kuat. Buah ini kaya akan anthocyanin, yang berkontribusi dalam kolagen jaringan dari radikal bebas.

    Di samping itu, buah blueberry juga mampu memperbaiki dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan. Sebagai tambahan, blueberry juga kaya akan vitamin E, yang baik untuk kesehatan kulit.

  3. Alpukat

    Alpukat mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Kedua vitamin ini berperan dalam kesehatan pembuluh darah. Di samping itu, kandungan glutathione pada alpukat juga mampu melindungi jantung, vena dan arteri dari kerusakan akibat oksidasi.

    Manfaat lain dari buah alpukat adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk mengurangi berat badan –yang merupakan salah satu penyebab terjadinya varises.

    Perlu diingat bahwa varises tidak cukup dilawan hanya dengan mengonsumsi sumber antioksidan dan bahan alami di atas. Diperlukan penerapan gaya hidup sehat, seperti berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta penggunaan kaos kaki compression.

Selain dengan menjalani gaya hidup sehat, Anda pun perlu menjalani terapi laser jika ingin benar-benar terbebas dari varises. Tapi bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Baca artikel lengkapnya di sini

(NB/ RH)

2 Komentar