Sukses

Tingkatkan Mood Saat PMS Dengan Makanan Ini

Saat sedang PMS, tak jarang kaum wanita mengalami mood swing. Bagaimana cara tingkatkan mood saat si tamu bulanan datang?

Klikdokter.com, Jakarta Jangan coba-coba bercanda kelewatan dengan seorang wanita pada hari-hari jelang masa menstruasinya. Mood yang naik turun jelang dan saat haid bisa membuat seorang wanita dengan mudah ‘menyemprot’ siapapun yang mengusik mereka.

Ya, pergolakan hormonal sebelum haid tidak hanya memengaruhi kondisi tubuh, tapi juga kondisi psikologis seorang wanita. Perasaan tegang, lelah, mudah tersinggung, atau mudah sedih adalah beberapa gejala yang biasa mendahului datangnya menstruasi. Anda mengenalnya dengan istilah PMS (Pre Menstrual Syndrome).

Bagi sebagian wanita, mengendalikan gejala PMS yang datang tiap bulan perlu usaha ekstra. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, 85% wanita paling tidak mengalami satu gejala PMS dalam siklus bulanannya.

Efek fisik dan efek psikologis bisa terjadi bersamaan. Bahkan terkadang saling memicu dan saling memengaruhi.

Menurut Sherry A. Ross, M.D., seorang ahli obgyn di Santa Monica, penulis She-ology: The Definitive Guide to Women’s Intimate Health. Period., wanita sering lari ke ‘makanan penghibur’ di saat ini.

Sayangnya, langkah ini tidak tepat. Makanan penghibur yang umumnya manis bisa memperberat gejala-gejala tak nyaman saat PMS dan membuat mood Anda makin tak karuan.

Bantu diri sendiri untuk mengendalikan emosi dengan beberapa pilihan makanan berikut ini :

  1. Hindari garam dan gula berlebihanDi saat perubahan hormonal seperti ini, tubuh biasanya mengalami kondisi water retention. Ini bisa membuat Anda merasa begah, payudara terasa kencang, bengkak di kaki atau tangan, bahkan merasa berat badan bertambah.Karena itu, sama sekali tak ada gunanya menambah asupan garam di saat seperti ini. Makanan tinggi sodium menambah parah kondisi ini. Sementara itu, kondisi pencernaan juga terpengaruh oleh perubahan hormonal.Makan makanan tingi lemak dan tinggi gula juga akan menambah kacau kondisi tersebut. Jelas sekali bahwa kondisi pencernaan yang tidak stabil dan rasa begah tadi bisa memengaruhi mood secara keseluruhan. Mengurangi asupannya adalah pilihan yang bijak.
  2. Pilih makanan berseratMakanan berserat memperlambat penyerapan gula berlebihan ke tubuh. Ia melancarkan kondisi pencernaan sehingga mencegah terjadinya kram perut atau diare. Bebas kram perut dan diare akan membuat hari-hari PMS Anda lebih menyenangkan, bukan?
  3. Makanan tinggi vitamin BBeberapa penelitian menunjukkan makanan tinggi vitamin B (tinggi zat thiamin, riboflavin, niacin, asam folat, B 12 dan B6) dapat mengurangi intensitas kram. Buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan ayam merupakan pilihan makanan tinggi vitamin B yang baik.
  4. Perbanyak asupan Kalsium dan Omega-3Makanan yang mengandung nutrisi antiradang seperti asam lemak Omega-3, vitamin C, D, dan E juga membantu meringankan tubuh dari gejala ‘begah’ dan kram. Temukan pada makanan seperti salmon, tuna, kacang-kacangan, dan biji-bijian.Kalsium juga mencegah kram. Tetapi, kalsium berlebihan juga bisa menyebabkan konstipasi. Sehingga Anda tak dianjurkan minum suplemen tinggi kalsium. Asupan 1000–1200 mg kalsium sudah cukup. Temukan pada susu dan produk olahannya, bayam, kale, kacang kedelai, atau tahu.
  5. Tutup dengan CoklatMeski beberapa produk coklat cenderung tinggi gula, namun tak bisa dimungkiri bahwa coklat adalah teman sejati untuk memperbaiki mood kaum wanita. Jadi, ini saatnya menghibur diri dengan coklat.Kalau bisa, pilih dark chocolate yang tinggi kandungan coklatnya dan paling rendah kadar gulanya. Tak perlu merasa bersalah. Rasa bersalah bisa menimbulkan masalah baru bagi mood Anda. Nikmati saja coklat Anda.

Tamu bulanan boleh saja melancarkan ancamannya untuk merusak mood Anda. Tapi kini Anda tahu bagaimana cara untuk tingkatkan mood saat PMS. Jadi tak perlu gusar lagi jelang haid, kan?

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar