Sukses

Kenali Kriteria Makanan Pembangkit Mood untuk Wanita yang Sedang PMS

Sering terganggu dengan gangguan mood saat PMS? Tidak perlu khawatir. Ini beberapa makanan pembangkit mood yang dapat Anda konsumsi sebagai solusinya.

Jangan coba-coba bercanda kelewatan dengan wanita di hari-hari menjelang masa menstruasinya. Mood yang naik turun menjelang dan saat haid bisa membuat seorang wanita dengan mudah ‘menyemprot’ siapa pun yang mengusik mereka.

Gejolak hormonal sebelum haid tidak hanya mempengaruhi kondisi tubuh, tapi juga keadaan psikologis wanita. Perasaan tegang, lelah, mudah tersinggung dan sedih adalah beberapa gejala yang biasa mendahului datangnya menstruasi. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah Pre-Menstrual Syndrome (PMS).

Berdasarkan American College of Obstetricians and Gynecologists, 85 persen wanita paling tidak mengalami satu gejala PMS dalam siklus bulanannya. 

Saat mengalami keluhan tersebut, sebagian wanita mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi ‘makanan penghibur’. Sayangnya, langkah ini tidak tepat. Makanan penghibur yang umumnya manis bisa memperberat gejala-gejala tak nyaman saat PMS dan membuat mood Anda makin tak keruan. 

Artikel Lainnya: Mood Swing saat PMS, Apakah Berbahaya bagi Kesehatan?

Lalu, jenis makanan apa yang disarankan untuk dikonsumsi wanita guna memperbaiki mood PMS? Berikut 7 diantaranya:

1 dari 4 halaman

1. Zat Besi

Saat mengalami menstruasi, Anda akan kehilangan cukup banyak darah. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap naik turunnya mood saat PMS. 

Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cukup zat besi sebagai pengganti darah yang keluar. Daging fillet, sayur-sayuran hijau, dan berbagai jenis seafood adalah beberapa contoh jenis makanan yang kaya akan zat besi.

2. Serat

Serat adalah salah satu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna usus manusia. Maka dari itu,  makanan berserat dapat memperlambat penyerapan gula berlebihan ke tubuh. 

Serat dapat pula melancarkan saluran pencernaan, sehingga mencegah kram perut atau diare. 

Bebas kram perut dan diare akan membuat hari-hari PMS Anda lebih menyenangkan, bukan?

3. Vitamin B

Beberapa penelitian menunjukkan, makanan tinggi vitamin B—tinggi zat thiamin, riboflavin, niacin, asam folat, B12 dan B6—dapat mengurangi intensitas kram perut. 

Atas dasar itu, konsumsilah berbagai makanan yang kaya akan vitamin B, seperti buah-buahan, sayuran segar, biji-bijian, dan ayam.

2 dari 4 halaman

4. Omega-3

Makanan yang mengandung senyawa antiradang, seperti asam lemak omega-3, vitamin C, D, dan E juga membantu meringankan tubuh dari gejala ‘begah’ dan kram saat PMS. Omega 3 dapat Anda temukan pada salmon, tuna, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

5. Kalsium

Kalsium dapat mencegah kram apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Anda disarankan untuk mendapatkan 1000 sampai 1200 miligram kalsium dalam sehari. 

Kalsium dapat ditemukan pada susu dan produk olahannya, bayam, kale, kacang kedelai, dan tahu.

6. Hindari Garam dan Gula Berlebihan

Di saat mengalami gejolak hormonal, tubuh biasanya mengalami water retention. Ini bisa membuat Anda merasa begah, payudara terasa kencang, bengkak di kaki atau tangan, bahkan merasa berat badan bertambah.

Oleh karena itu, tak ada gunanya untuk menambah asupan garam di saat seperti ini. Pasalnya, makanan tinggi natrium malah menambah parah kondisi ini. 

Konsumsi makanan tinggi lemak dan gula juga akan menambah kacau kondisi yang dialami saat PMS, lho!. 

Berangkat dari alasan tersebut, mengurangi asupan garam dan gula berlebih saat PMS adalah pilihan bijak.

3 dari 4 halaman

7. Cokelat

Cokelat adalah teman sejati untuk memperbaiki mood PMS pada wanita. Usahakan untuk memilih dark chocolate, yang tinggi kandungan cocoa dan paling rendah kadar gulanya. 

Tak perlu merasa bersalah asalkan tidak mengonsumsinya berlebihan. Rasa bersalah justru akan menimbulkan masalah baru bagi mood Anda. 

Anda disarankan untuk makan lebih sering saat PMS, namun dengan porsi yang lebih sedikit. Hal ini dapat bantu menstabilkan mood PMS, sekaligus dapat menjaga kadar gula darah Anda.

Konsumsi makanan pembangkit mood saat PMS secara bijak, agar manfaatnya dapat dirasakan dengan optimal.

Apabila Anda butuh saran atau bantuan untuk mengendalikan mood PMS, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar