Sukses

Duduk Terlalu Lama Bikin Cepat Tua?

Terlalu lama duduk dalam satu hari dapat membuat Anda lebih cepat tua. Kenali penyebabnya!

Klikdokter.com, Jakarta Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa duduk terlalu lama dapat membuat Anda cepat tua. Bahkan, duduk hingga lebih dari 10 jam dalam satu hari dapat mempercepat proses penuaan hingga 8 tahun.

Dikutip dari bintang.com, penelitian tersebut dilakukan terhadap 1.481 wanita yang berusia lebih dari 64 tahun. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa usia kronologis tidak selalu sesuai dengan usia biologis seseorang. Dan terlalu banyak duduk dapat mempercepat proses penuaan tersebut.

"Studi kami menemukan kalau sel-sel menua lebih cepat dengan gaya hidup yang duduk terus menerus," kata pemimpian pelelitian, Dr Aladdin Shadyab, dari University of California, San Diego, AS.

Dalam penelitian, para wanita yang berusia 64 sampai 95 tahun, menjawab kuesioner dan memakai alat selama tujuh hari untuk melacak tingkat aktivitas mereka. Para periset menemukan, wanita yang terlalu lama duduk dalam satu hari akan memiliki telomeres yang pendek.

Telomeres adalah topi pada ujung untai DNA yang melindungi kromoson dari kerusakan. Seiring bertambahnya usia, Telomeres akan memendek secara alami, namun faktor kesehatan dan gaya hidup - seperti merokok dan obesitas - dapat mempercepat prosesnya.

Seimbangkan dengan Olahraga

Meski demikian, Shadyab menyebut proses penuaan yang diakibatkan terlalu lama duduk tersebut dapat dilawan dengan olahraga-olahraga kecil. Menurutnya, dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik minimal 30 menit di sela-sela keharusan duduk yang cukup lama, Anda dapat mengurangi dampak penuaan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

“Kami menemukan bahwa wanita yang duduk lama tidak memiliki telomer dengan ukuran lebih pendek jika mereka berolahraga minimal 30 menit saja dalam sehari," tutur Dr Shadyab.

Jika Anda memiliki pekerjaan ataupun kegiatan yang mewajibkan Anda untuk duduk selama berjam-jam dalam satu hari, ada baiknya Anda untuk lebih sering meluangkan waktu untuk melakukan sedikit olahraga. Bahkan, hanya dengan berjalan santai selama 30 menit, dapat mengurangi risiko penuaan karena duduk terlalu lama. Baca juga artikel sejenis di sini

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar