Sukses

Membangkitkan Gairah Seks di Masa Menopause

Wanita yang sudah memasuki masa menopause pun masih bisa memiliki gairah seksual. Bagaimana menjaga gairah yang satu ini?

Klikdokter.com, Jakarta Saat mengalami masa menopause, wanita tidak lagi mengeluarkan darah atau menstruasi. Hal ini menyebabkan wanita tersebut tidak bisa memiliki anak lagi. Hilangnya estrogen dan testosteron setelah menopause juga mengakibatkan perubahan pada tubuh wanita dan dorongan seksualnya.

Pada kenyataannya, banyak wanita yang sudah memasuki masa menopause tetapi masih memiliki hasrat seksual. Berikut kiat-kiat agar gairah seksual Anda tidak menurun:

  1. Jadikan seks sebagai prioritas. "Tanpa aktivitas seksual, vagina bisa menjadi lebih kecil dan tidak nyaman," kata Margery Gass, MD, seorang profesor klinis di Case Western Reserve University School of Medicine di Cleveland.

  2. Pertolongan orang lain. "Kualitas hubungan sangat penting dalam hal libido wanita," kata Gass. "Wanita harus jujur dengan diri mereka sendiri dalam masalah ini. Seorang terapis perkawinan atau seks dapat memainkan peran penting dalam kebahagiaan saat ini dan masa depan.”

  3. Fokus pada keintiman, bukan hanya seks. Jika Anda senang berada dekat dengan pasangan Anda di luar hubungan seks, hal ini benar-benar dapat meningkatkan dorongan seksual Anda.

    "Ingat bahwa keintiman seksual dapat meningkatkan libido," kata Shannon Chavez, PhD, psikologi dan terapi seks di Beverly Hills, California. "Tidak harus melakukan hubungan intim, tapi bisa juga permainan sensual seperti berciuman dan membelai. Libido terus berubah untuk wanita," ungkapnya.

Kadar libido wanita tergantung pada bagaimana pria merangsang wanita di masa menopausenya. Tak ada salahnya mencoba mengingat-ingat masa awal pernikahan, karena ini mungkin bisa membantu hasrat Anda untuk berhubungan seksual dengan pasangan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar