Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Ini Cara Membangkitkan Gairah Seksual Wanita Menopause

Memasuki masa menopause, wanita dapat mengalami penurunan gairah seksual. Ini cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Ketika mengalami menopause, sebagian wanita dapat mengalami penurunan gairah seksual atau libido. Meski demikian, ada pula sebagian wanita yang mungkin mengalami kenaikan pada gairah seksualnya.

Pada kebanyakan kasus, merosotnya gairah seksual wanita menopause terjadi karena adanya penurunan kadar hormon. Kondisi ini dapat menyebabkan vagina menjadi kering dan sesak sehingga memicu nyeri saat berhubungan seksual. Inilah yang dapat membuat wanita menjadi kurang tertarik untuk melakukannya.

Gairah seksual adalah hal yang penting bagi setiap pasangan. Oleh sebab itu, yuk ketahui beberapa cara membangkitkan gairah wanita menopause berikut ini:

1 dari 4 halaman

1. Berkomunikasi dengan Pasangan

Penurunan gairah seksual wanita menopause sering kali disebabkan oleh gejala fisik. Nah, agar Anda yang memasuki masa menopause tidak mengalami penurunan libido, komunikasikan selalu dengan pasangan.

Artikel Lainnya: Dukungan Suami untuk Istri yang Masuki Fase Menopause

Merasa lebih terhubung dengan pasangan ternyata dapat membantu Anda mendapatkan mood untuk seks, sekalipun di masa menopause. Oleh sebab itu, jaga agar komunikasi Anda dan pasangan tetap terbuka dan jujur, baik secara fisik maupun mental.

2. Menggunakan Hormone Replacement Therapy (HRT)

HRT adalah terapi penggantian hormon yang dapat digunakan untuk menggantikan penurunan hormon. Pil estrogen pada HRT dapat membantu mengurangi kekeringan vagina dan atrofi vagina dengan mengganti hormon yang tidak lagi diproduksi tubuh.

Walau demikian, terdapat risiko serius dari terapi estrogen, seperti pembekuan darah, serangan jantung, dan kanker payudara.

Meski beberapa bukti menunjukkan dosis testosteron moderat dapat membantu wanita melalui menopause dan meningkatkan gairah seksual, potensi efek samping tetap ada, termasuk risiko peningkatan kolesterol dan peningkatan pertumbuhan rambut dan jerawat.

Oleh karena itu, sebelum membangkitkan gairah setelah menopause dengan HRT, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter.

Artikel Lainnya: Jarang Berhubungan Badan, Benarkah Bisa Bikin Lebih Cepat Menopause?

2 dari 4 halaman

3. Lubrikan

Cara membangkitkan gairah wanita menopause berikutnya adalah penggunaan lubrikan. Cara yang satu ini dapat berguna untuk meredakan kekeringan vagina dan membantu membuat hubungan seksual menjadi lebih nyaman.

Nah, dengan hubungan seksual yang lebih nyaman, gairah seksual wanita menopause pun secara otomatis dapat meningkat.

4. Berolahraga

Olahraga tidak hanya membantu melawan penambahan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan mood. Hal ini karena olahraga melepaskan endorfin yang dapat membantu mengurangi stres dan memicu emosi yang positif.

Selain itu, olahraga juga dapat membangkitkan gairah seksual wanita menopause. Oleh karena itu, cara yang satu ini bisa Anda coba.

Jika Anda baru ingin memulai berolahraga atau sudah lama tidak berolahraga, mulailah dengan perlahan dan berusahalah untuk melakukannya setidaknya selama 30 menit sehari.

Artikel Lainnya: Kiat agar Hubungan Seksual saat Menopause Tetap Nikmat

5. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol yang terdapat banyak di arteri dapat membatasi aliran darah ke panggul. Hal inilah yang pada akhirnya menurunkan sensasi ketika berhubungan intim sehingga wanita mengalami penurunan gairah seksual atau kesulitan orgasme.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar kadar kolesterol di dalam tubuh tetap stabil adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan tersebut haruslah bergizi lengkap dan seimbang, seperti ikan, biji-bijian, tahu, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

6. Fokus pada Keintiman

Seks bukanlah satu-satunya cara untuk merasa dekat dengan pasangan. Berciuman, membelai, dan tindakan keintiman non-seksual lainnya dapat membantu meningkatkan gairah seksual wanita menopause dengan menciptakan ikatan bersama.

Fokuslah pada keintiman, bukan hanya seks. Jika Anda senang berada dekat dengan pasangan Anda di luar hubungan seks, hal ini benar-benar dapat meningkatkan dorongan seksual Anda.

Artikel Lainnya: Apa Saja Penyebab Wanita Mengalami Menopause Dini?

7. Senam Kegel

Senam Kegel dapat membantu mengencangkan otot panggul dan meningkatkan sensasi saat berhubungan seksual. Senam ini juga dapat menjadi salah satu cara membangkitkan gairah setelah menopause.

Untuk melakukan latihan ini, Anda harus menemukan otot yang benar terlebih dahulu. Cara termudah menemukan otot yang tepat adalah dengan berhenti di tengah Anda buang air kecil. Otot yang Anda aktifkan adalah otot dasar panggul.

Untuk melakukan Kegel, kontraksikan otot dasar panggul dan tahan kontraksi selama lima detik. Kemudian lepaskan secara perlahan selama lima detik. Berusahalah untuk mengulangi gerakan ini sebanyak 10 kali, 3 kali sehari.

Gairah seksual sering kali menurun selama masa menopause. Namun tidak perlu khawatir, kadar libido wanita tergantung pada bagaimana pria merangsang wanita di masa menopausenya.

Selain itu, masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangkitkan gairah seksual wanita menopause, mulai dari cara yang dapat dilakukan di rumah maupun yang membutuhkan bantuan dokter. Berkonsultasilah kepada dokter jika diperlukan. 

Dapatkan informasi terbaru seputar kesehatan, penyakit, dan nutrisi dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar