Sukses

Makanan Terbaik Atasi Badan Lemas

Badan Anda sering terasa lemas? Beberapa makanan di bawah ini dapat membantu Anda mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Tuntutan rutinitas pekerjaan yang tinggi kerap menuntut kondisi tubuh untuk selalu sehat dan prima. Terkadang, badan lemas kerap menjadi musuh karena dapat mengganggu produktivitas kerja.

Penyebab badan lemas sendiri beragam, diantaranya adalah kelelahan, jam kerja yang panjang, kurang istirahat, konsumsi kafein yang terlalu banyak, dan kondisi penyakit tertentu seperti anemia dan kencing manis (diabetes). Mengatasi badan lemas melibatkan berbagai aspek, salah satu yang berperan penting adalah makanan.

Makanan yang kaya nutrisi akan membantu atasi badan lemas karena makanan berfungsi sebagai “bahan bakar” bagi tubuh. Berbagai studi telah membuktikan bahwa makanan bergizi seimbang dapat melawan kelelahan dan badan lemas dalam jangka waktu yang lama.

Karena itu, makanan berikut ini wajib dikonsumsi untuk mengatasi badan lemas:

  • Karbohidrat kompleks

    Terdapat dua jenis karbohidrat yaitu sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana biasanya terkandung dalam permen, coklat, atau minuman bersoda. Karbohidrat jenis ini mudah dicerna tetapi cepat membuat Anda merasa lapar kembali. Karena itu konsumsilah karbohidrat kompleks yang kaya serat, Contohnya nasi merah, roti gandum, sereal gandum.

  • Protein

    Protein berperan penting dalam pembentukan hormon, pertumbuhan sel, dan pembentuk otot. Protein juga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga Anda tak mudah diserang penyakit. Konsumsilah sumber protein yang baik seperti daging, telur, ikan, kacang kedelai, keju, dan susu.

  • Zat besi

    Salah satu penyebab badan lemas yang tersering adalah anemia. Untuk mengatasinya Anda memerlukan makanan yang tinggi kandungan zat besinya, yaitu daging merah dan sayuran hijau.

  • Vitamin dan Mineral

    Sekalipun diperlukan dalam jumlah yang kecil, vitamin dan mineral sangat esensial bagi tubuh. Berbagai hormon akan bekerja dengan baik bila dibantu dengan vitamin dan mineral. Bahan makanan yang tinggi vitamin dan mineral adalah buah dan sayur.

    Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin C karena berfungsi sebagai antioksidan yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, bila dikonsumsi dengan sumber zat besi, vitamin C akan membantu penyerapan zat besi.

  • Air

    Dua pertiga tubuh kita terdiri dari air. Kondisi kurang cairan atau dehidrasi akan membuat Anda kurang energi dan mudah lelah. Karena itu pastikan asupan cairan Anda selalu cukup tiap harinya yaitu 2 liter per hari.

Selain kombinasi makanan di atas, pola makan yang baik juga perlu untuk mengatasi kelelahan dan badan lemas. Makanlah tiga kali sehari ditambah dua kali camilan sehat dan jangan lupakan sarapan di pagi hari.

Sarapan yang baik akan menjamin Anda memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sepanjang hari. Dengan mengonsumsi makanan tersebut dipadukan dengan pola hidup sehat, badan lemas tak lagi menjadi ancaman bagi Anda.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar