Sukses

Kenali Beragam Penyakit yang Berisiko Amputasi

Amputasi merupakan jalan keluar dari permasalahan penyakit menahun yang tak bisa diselamatkan. Apa saja penyakit tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Amputasi merupakan pemotongan satu atau beberapa bagian tubuh yang telah ‘rusak’ untuk menyelamatkan bagian lainnya. Biasanya hal tersebut dilakukan jika bagian tubuh tertentu telah digerogoti penyakit menahun dan tak bisa lagi diselamatkan.

Mengamputasi bagian-bagian tubuh manusia tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Keputusan harus melewati proses panjang sebelum sampai akhirnya pada pilihan amputasi.

Penyebab paling umum dilakukannya amputasi dikarenakan luka parah dan infeksi menahun yang ada di tubuh penderita penyakit tertentu. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat berisiko pada amputasi:

Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan banyak masalah seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal hingga kebutaan dan disfungsi saraf. Hal ini sangat memungkinkan penderita diabetes akan mengalami mati rasa, mati rasa ini berbahaya karena rasa sakit sangat penting untuk melindungi tubuh dari cedera.

Bisa saja bagian tubuh Anda yang mati rasa menjadi biang luka bagi penderita diabetes. Seperti saat kaki Anda tak lagi mampu merasa, Anda tidak akan menyadari jika secara tidak sengaja kaki menginjak sesuatu dan menyebabkan luka.

Luka yang tidak diketahui dan tidak mendapatkan penanganan dengan benar bisa semakin parah dan tidak terobati. Amputasi adalah pilihan terakhir yang tersisa.

Tumor

Penyebab bagian tubuh Anda harus diamputasi lainnya adalah, ditemukan tumor di bagian tubuh tertentu. Seperti tumor tulang dan tulang rawan pembentuk osteosarkoma dan chondrosarcoma.

Keduanya adalah neoplasma ganas langka yang dapat menjadi penyebab amputasi. Tumor ini agresif dan perlu pengobatan lokal dan sistemik.

Operasi untuk pengangkatan tumor ini sebagian besar dilakukan dengan penyelamatan anggota badan, namun amputasi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Selain itu, tumor ini memiliki risiko kekambuhan lokal yang secara negatif mempengaruhi prognosis.

Infeksi

Infeksi sistematik, seperti infeksi bakteri bisa jadi penyebab bagian tubuh Anda harus diamputasi. Jika seseorang sebelumnya sehat, namun kemudian terkena infeksi tersebut, berisiko menerima tindakan amputasi pada bagian tubuhnya. Infeksi yang dapat menyebabkan amputasi meliputi: Meningococcal Meningitis, Staphylococcus dan MRSA infection and Necrotizing Fascitis.

Tindakan amputasi pada penderita infeksi bukan sekadar untuk pengobatan, tapi bisa juga merupakan satu pilihan untuk menyelamatkan jiwa sang pasien.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar