Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Hal yang Wajar Terjadi Saat Malam Pertama

Menghadapi malam pertama bisa terasa mendebarkan. Agar lebih siap dan tenang, ketahui hal-hal tak terduga yang wajar terjadi saat malam pertama.

Malam pertama tentunya menjadi momen yang mendebarkan bagi para pengantin baru.   Namun tak jarang, malam pertama ini tidak sesuai dengan yang diharapkan.  

Hal tersebut bisa disebabkan kurangnya pengetahuan mengenai seksualitas ataupun kepercayaan terhadap mitos-mitos yang beredar di masyarakat luas.

1 dari 2 halaman

Hal Tak Terduga yang Wajar Terjadi Saat Malam Pertama

Berikut ini adalah hal-hal yang wajar terjadi saat malam pertama dengan pasangan:

  1. Tidak Semua Perempuan Akan Berdarah Saat Malam Pertama

Banyak orang masih beranggapan bahwa perempuan yang masih perawan pasti akan berdarah ketika berhubungan seksual pertama kali. Hal ini dikarenakan robeknya selaput dara.

Selaput dara adalah lapisan yang berada di mulut vagina dengan bentuk dan ukuran berbeda-beda pada setiap perempuan. 

Artikel Lainnya: Jangan Nyinyir, Apa yang Dimaksud dengan Tes Keperawanan atau Hymen?

Biasanya, selaput dara tidak menutup mulut vagina secara keseluruhan. Ini tentu saja masuk akal karena bila tidak, darah menstruasi dan cairan lainnya tidak bisa keluar dari vagina.

Ketika melakukan hubungan seksual melalui vagina atau beberapa aktivitas fisik yang berat, hal ini dapat menyebabkan robeknya selaput dara. Namun, banyak perempuan tidak mengalami pendarahan saat selaput dara robek.

Itu karena selaput dara dapat meregang untuk mengakomodasi penis. Selaput dara sesungguhnya bersifat elastis dan fleksibel.

  1. Hubungan Seksual Dapat Terasa Tidak Nyaman atau Bahkan Nyeri

Merasa tidak nyaman saat berhubungan seksual pertama kali adalah hal yang normal. Ini terjadi karena adanya gesekan dan penetrasi. Namun bisa juga karena kurangnya lubrikasi

Artikel Lainnya: Persiapan Mental Menyambut Malam Pertama

Lubrikasi merupakan cairan yang dihasilkan oleh vagina ketika terangsang. Adapun kurangnya lubrikasi ini dapat disebabkan oleh kurang rangsangan, atau mungkin karena vagina itu sendiri tidak dapat menghasilkan cukup lubrikasi.

Apabila kurang rangsangan, melakukan foreplay atau pemanasan lebih lama bisa membantu. Bila perlu, Anda dapat menggunakan cairan lubrikasi tambahan.

  1. Saat Malam Pertama, Mungkin Anda Tidak Mengalami Orgasme

Untuk pasangan yang baru melakukan hubungan seksual pertama kali, mungkin akan merasa malu, stres, atau khawatir karena belum terbiasa. Hal-hal ini dapat membuat orgasme sulit diraih.

Kemudian untuk laki-laki, mungkin belum dapat mempertahankan ereksi untuk penetrasi. Meskipun Anda merasa malu, ketahuilah bahwa disfungsi ereksi tidak jarang terjadi. Namun apabila disfungsi ereksi berlangsung terus-menerus, berkonsultasilah ke dokter.

Artikel Lainnya: 6 Mitos Malam Pertama

  1. Malam Pertama Bisa Saja Tidak Sesuai dengan Ekspektasi 

Mungkin Anda pernah membayangkan bagaimana malam pertama dari film-film dewasa atau blue film. Ketahuilah bahwa semua yang Anda bayangkan atau yang Anda tonton itu tidak akan selalu terjadi pada malam pertama.

Hubungan seksual Anda mungkin dapat berjalan mulus ataupun dapat terjadi beberapa gangguan yang tidak diharapkan. Oleh karena itu, janganlah kecewa apabila ekspektasi Anda tidak berjalan sesuai dengan kenyataan.

Malam pertama biasanya adalah waktu ketika hubungan seksual pertama kali dilakukan. Pada malam pertama ini mungkin banyak hal terjadi di luar dari ekspektasi Anda.

Selain beberapa hal yang wajar terjadi, ada pula beberapa mitos yang sering dikaitkan dengan malam pertama sehingga menjadi suatu momok tersendiri. 

Misal, ukuran maupun bentuk organ vital yang menjadi penentu dalam tingkat kepuasan pasangan. Mitos inilah yang terkadang membuat pasangan bereksperimen menggunakan berbagai cara, termasuk mengonsumsi obat-obat tertentu yang justru merugikan diri mereka sendiri.

Jadi, persiapkan diri Anda secara fisik dan mental untuk menghadapi malam pertama. Karena ada beberapa hal tak terduga yang bisa saja terjadi pada momen ini. Jangan ragu untuk menyampaikan apa yang Anda inginkan dari pasangan. Dengan begitu, Anda dan pasangan dapat menikmati malam pertama dengan lebih intim, tanpa dihantui rasa cemas dan takut berlebih.

Masih penasaran dengan topik ini? Silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

2 Komentar

  • ndo Lestari

    rasa nyeri.na kira" smpe brp hr ya dok terasany(untuk yg baru pertma kali berhubungan intim)...aapa stlh bbrp kali melakukan baru rasa nyeri itu akan hilang dgn sendirinya..

  • inginsehat

    Tidak perlu panik dan takut, karena bukan anda sendiri saja yang mengalami. Kalau demikian, dokter juga, dong, karena tidak ada mata pelajaran itu pada fakultas kedokteran.