Sukses

5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa menangis mendatangkan sederet manfaat bagi kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap golongan usia pasti pernah menangis, entah karena sedih atau alasan lainnya. Ternyata sesekali menangis juga menyimpan sederet manfaat bagi kesehatan, lho!

Berikut 5 manfaat menangis bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan pembakaran kalori

    Saat menangis, stimulus emosional tubuh Anda akan bereaksi terhadap tekanan situasi di sekitar. Proses yang dilakukan oleh tubuh saat Anda menangis dapat menyebabkan peningkatan pola napas. Alhasil, denyut jantung meningkat dan pembakaran kalori pun ikut meningkat. Diketahui bahwa menangis mampu membakar 1,3 kalori per menit.

  2. Mengurangi tingkat stres

    Menangis dapat menjadi media pelepasan emosi dan psikologis yang baik. Hasilnya tingkat stres di dalam tubuhpun turun.
    Sebuah studi di Belanda yang melibatkan 200 wanita menyebutkan bahwa sebagian besar partisipan merasa lebih baik setelah menangis.

    Senada dengan itu, sebuah studi di St. Paul-Ramsey Medical Center juga menyebutkan bahwa air mata mengandung hormon stres. Jadi dengan menangis, kadar hormon stres di dalam tubuh akan berkurang sedikit demi sedikit.

  3. Memberikan ketenangan

    Saat menangis, tubuh akan memproduksi hormon endorfin dan kortisol. Kedua hormon ini berperan sebagai peghilang rasa sakit, dan memberikan rasa bahagia alami dari dalam tubuh.

  4. Detoksifikasi

    Tidka hanya membawa hormon, air mata yang keluar karena emosi juga turut membawa racun dari dalam tubuh.

  5. Antibakteri

    Air mata mengandung senyawa tertentu, yang berperan sebagai antibakteri sekaligus anti-infeksi.

Ternyata, menangis bukanlah tindakan sia-sia. Tapi ingat, jangan menangis berlebihan, ya! Baca juga artikel lainnya di sini

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar