Sukses

Inilah Gejala HIV/AIDS pada Pria

HIV adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS. Seperti apa gejala HIV/AIDS yang terjadi pada pria?

Klikdokter.com, Jakarta Virus HIV menyerang sel darah putih yang bertanggung jawab dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Lalu adakah perbedaan gejala HIV/AIDS pada pria? Bagaimana mengenalinya?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), diperkirakan jumlah orang yang terinfeksi HIV/AIDS di Amerika berjumlah hampir 40 ribu orang. Sebagian besar dari jumlah tersebut (81 persen) adalah pria berusia 13 tahun ke atas.

Meskipun HIV/AIDS dapat menginfeksi segala usia dan kedua gender, laki-laki didapati lebih banyak mengidap HIV. Hal ini diperkirakan karena HIV/AIDS didapati lebih banyak diderita oleh pria homoseksual dan biseksual.

Gejala awal yang ditimbulkan HIV/AIDS mirip seperti gejala flu. Orang yang terinfeksi HIV/AIDS dapat mengalami demam, nyeri tenggorokan, sakit kepala, dan ruam pada kulit.

Selain itu, dapat pula disertai dengan gejala lemas, sariawan di mulut atau kelamin, nyeri otot dan sendi, mual muntah, serta berkeringat saat malam hari. Namun karena gejala tersebut agak umum dan mirip flu biasa, penderita HIV/AIDS sering tidak menyadari dan mengabaikannya.

Seiring dengan berkembangnya perjalanan penyakit, HIV/AIDS dapat menimbulkan gejala yang lebih parah apabila tidak ditangani dengan cepat.

Gejala tersebut antara lain yaitu diare dan demam kronis (lebih dari 3 bulan), berat badan turun drastis tanpa sebab yang jelas, terganggunya memori, gangguan saraf, hingga berbagai penyakit yang dapat menimbulkan akibat fatal.

Anda dapat terhindar dari terinfeksi HIV/AIDS dengan melakukan hubungan seks yang aman, setia kepada satu pasangan, serta menggunakan kondom ketika berhubungan seks. Selain itu, hindari pula penggunaan narkoba, terutama narkoba suntik.

Nah, demikian tadi penjelasan mengenai gejala HIV/AIDS pada pria. Apabila Anda curiga dan ingin mengetahui apakah Anda terinfeksi HIV atau tidak, pemeriksaan dini akan lebih baik ketimbang berdiam diri begitu saja.

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan gejala HIV/AIDS antara pria dan wanita. Dan dengan pengobatan dini yang tepat, gejala tersebut dapat ditekan. Anda pun bisa menjalani hidup sehat layaknya orang-orang tanpa HIV/AIDS.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar