Diet dan Nutrisi

Kapan Waktu yang Tepat untuk Makan Pisang?

dr. Valda Garcia, 17 Mei 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Buah pisang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh terlebih jika dikonsumsi setiap hari. Namun, adakah waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah pisang?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Makan Pisang?

Pisang memiliki rasa manis dan mengenyangkan. Karena itu, banyak orang memilih makan pisang untuk mengganjal perut sebelum memasuki waktu makan.

Buah ini juga banyak disukai orang, karena rasanya yang enak, serta mudah untuk dikonsumsi di mana saja. Selain itu, pisang juga kaya akan nutrisi makro maupun mikro.

Dengan kandungan baiknya tersebut, buah lonjong berkulit ini juga dikonsumsi untuk tujuan kesehatan. Lantas, supaya bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal, adakah waktu makan pisang yang tepat? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini. 

Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Pisang?

Sebenarnya, tidak ada ketentuan mengenai kapan waktu yang tepat untuk makan buah. Meski begitu, mengonsumsi buah sebaiknya dilakukan sebelum waktu makan utama. Ini pun berlaku untuk konsumsi pisang. 

Makan pisang sendiri membantu tubuh lebih cepat merasa kenyang. Hal ini tentu akan membuat Anda bisa mengontrol asupan ketika waktu makan utama. Dengan begitu, berat badan pun bisa ikut terjaga. 

Selain sebelum makan, waktu makan pisang yang baik adalah di siang hari. Tujuannya tidak lain membantu mengembalikan energi tubuh. Kandungan gula alami dalam pisang dan serat yang tinggi bisa membuat energi tubuh cepat terisi.

Artikel Lainnya: Makan Pisang Bisa Membantu untuk Mengatasi Flu, Benarkah?

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi dua pisang dapat memberikan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

Apabila Anda mengalami gangguan tidur pada malam hari, bisa dengan konsumsi pisang sebelum jam tidur malam. Beberapa kandungan nutrisi dalam pisang, seperti triptofan, magnesium, vitamin B6, karbohidrat, dan potasium mampu meningkatkan kualitas tidur. 

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Pineal Research menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang berkorelasi dengan peningkatan melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur dan bangun Anda.

Periset menemukan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak jus pisang atau setara dengan dua pisang kupas, kadar melatonin serum meningkat sebesar 0,14 miligram.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Buah Pisang untuk Mengatasi Mag

Sementara itu, makan pisang setidaknya setengah jam sebelum tidur membantu tubuh terhindar dari sembelit. Serat dalam pisang akan membantu melancarkan buang air besar, sementara kandungan nutrisinya akan membuat Anda tidak ngemil sebelum tidur.

Bukan Cuma Waktu Konsumsi, Perhatikan Ini Juga

Perlu diketahui bahwa pisang merupakan buah yang tinggi serat dan baik untuk membantu sistem pencernaan. Selain itu, pisang merupakan sumber kalium, vitamin B6, magnesium, dan vitamin C. 

Ketika memilih pisang menjadi buah favorit, jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan buah lain agar. Tujuannya tidak lain konsumsi buah lebih bervariasi, sehingga membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. 

Artikel Lainnya: Langka Tapi Sehat, Ini Manfaat Pisang Merah untuk Tubuh

Mengenai berapa banyak buah pisang yang sebaiknya dimakan setiap harinya, ini tergantung kebutuhan tubuh Anda. Namun, umumnya makan pisang cukup 1-2 buah saja per hari. Boleh saja lebih itu, asalkan tidak menyebabkan asupan kalori yang berlebih pada tubuh Anda. 

Disarankan pula untuk mengonsumsi pisang matang yang seluruh kulitnya kuning. Tidak apa-apa jika Anda makan pisang yang terdapat bercak cokelat-kehitaman di kulitnya. Namun, jangan yang terlalu banyak bercak, karena itu menandakan sudah tinggi kadar gulanya. 

Itulah penjelasan mengenai kapan waktu makan pisang yang baik. Meski tidak ada ketentuan khusus, waktu makan bisa yang baik untuk makan pisang adalah sebelum makan utama, sebelum melakukan aktivitas fisik, atau sebelum jam tidur malam. 

Apabila ingin bertanya lebih lanjut, gunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

(PUT)

Makan PisangpisangBuah Pisang

Konsultasi Dokter Terkait