Sukses

3 Penyakit yang Mengintai Jika Kolesterol Tinggi

Meningkatnya kadar kolesterol mesti segera diperbaiki karena dapat memicu berbagai penyakit.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga keseimbangan kadar kolesterol merupakan hal yang harus Anda lakukan. Sebab, kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit di dalam tubuh.

Dilansir dari mayoclinic.org, ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Mulai dari gaya hidup hingga faktor berat badan.

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan Anda terkena kolesterol tinggi, di antaranya:

  • Obesitas

    Obesitas bisa menjadi penyebab kadar kolesterol meningkat. Anda perlu mengatur berat badan untuk menghindari serangan kolesterol tinggi. Lakukan pengukuran Indeks Massa Tubuh (BMI). Jika memiliki BMI 30 atau lebih, Anda lebih berisiko terkena kolesterol tinggi.

  • Kurang Olahraga

    Olahraga dapat membantu meningkatkan kolesterol ‘baik’ atau HDL dalam tubuh Anda. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membantu mengurangi pembentukan kolesterol ‘jahat’ dalam tubuh.

  • Merokok

    Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah Anda dan cenderung membuat timbunan lemak dalam tubuh. Di samping itu, terlalu banyak merokok pun dapat menurunkan tingkat HDL dalam tubuh.

    Kadar kolesterol yang tinggi ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Apa saja penyakit-penyakit yang perlu diwaspadai tersebut?

  • Penyakit Jantung Koroner

    Saat arteri yang memasok darah ke jantung mulai terpengaruh kolesterol tinggi, Anda mungkin akan menderita nyeri dada (angina) dan gejala penyakit arteri koroner lain.

  • Serangan Jantung

    Plak yang timbul di dinding arteri Anda bisa robek kapan saja. Saat plak tersebut robek atau pecah, akan menyebabkan pembekuan dan gumpalan-gumpalan darah yang dapat menghalangi aliran darah menuju jantung. Jika ini terjadi, Anda mungkin akan terkena serangan jantung.

  • Stroke

    Tidak jauh berbeda dengan serangan jantung, jika aliran darah menuju otak terhalang dengan gumpalan-gumpalan darah, tubuh Anda akan mulai diserang stroke.

Jadi, mulailah untuk mengontrol dan mengurangi kadar kolesterol tinggi agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar