HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMakanan Ini Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok
Diet dan Nutrisi

Makanan Ini Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 30 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banyak cara untuk berhenti merokok, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Ini daftar makanan untuk berhenti merokok.

Makanan Ini Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok

Tahukah kamu merokok bisa menurunkan persepsi indra pengecap dan penghidu? Setiap kali kamu mengisap rokok, maka kamu menghirup lebih dari 7.000 zat kimia yang dapat merusak neuroreseptor di lidah. 

Namun, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Tobacco Induced Diseases pada tahun 2017, kerusakan tersebut tidaklah permanen. 

Setelah kamu berhenti merokok paling tidak dalam 2 minggu, maka kemampuan kamu merasakan atau menghidu makanan juga akan kembali seperti sebelum tidak merokok. 

Nah, jika kamu ingin menghentikan kebiasaan merokok, ada beberapa makanan atau minuman yang dapat membantumu untuk terbebas dari tembakau.

Berikut adalah sederet makanan untuk membantumu berhenti merokok

1. Permen Karet atau Permen Mint Bebas Gula

Gemar Mengunyah Permen Karet? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Permen karet atau permen mint bisa membantumu untuk berhenti merokok. Sebab, konsumsi permen dapat membuat mulutmu sibuk mengunyah atau sebagai bahan pengalihan saat kamu ingin merokok. 

Ditambah lagi, mengunyah permen karet dan permen mint biasanya lebih lama daripada waktu merokok.

Karena itu, mulailah untuk menyetok permen karet atau permen mint saat kamu sedang dalam proses berhenti merokok. 

Artikel Lainnya: Keluhan yang Biasa Muncul Saat Mencoba Berhenti Merokok

2. Jahe 

Tak hanya berguna untuk menambah cita rasa makanan. Konsumsi jahe bisa menjadi salah satu cara berhenti merokok secara alami yang bisa kamu coba. 

Ya, bumbu dapur ini disebut-sebut dapat menekan hasrat untuk merokok. Kamu bisa mengonsumsi campuran jahe dengan satu sendok gula setiap hari. 

3. Teh Ginseng

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat menjadi terapi untuk kecanduan nikotin karena dapat melemahkan efek dopamin, neurotransmiter di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan dilepaskan saat merokok. 

Minum teh ginseng bisa mengurangi daya tarik terhadap rokok. Bahkan membuatnya terasa kurang nikmat.

4. Susu atau Produk Olahan Susu Lainnya

Solusi Alergi Susu Sapi: Susu Kambing atau Susu Soya? (Oleksandra Naumenko/Shutterstock)

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Duke University, perokok yang meminum segelas susu sebelum merokok akan merasakan bahwa rokok adalah sesuatu yang tidak mengenakkan, dengan aftertaste yang pahit.

Para perokok tersebut melaporkan bahwa minum susu membuat rasa rokok semakin buruk. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa rasa dari susu ataupun segala produk yang terbuat dari susu, membuat rokok terasa pahit. 

Jika kamu menghadapi keinginan besar untuk merokok, konsumsilah susu dan produk olahannya untuk membantu menjauhkanmu dari rokok. 

Artikel Lainnya: Hentikan Kebiasaan Merokok dengan Olahraga

Menghirup aroma dari kayu manis dapat menggantikan aroma rokok yang biasa kamu konsumsi. Keinginan untuk merokok yang sangat besar, akan ditekan dengan mengalihkannya pada aroma kayu manis. 

Kamu juga dapat menambahkan sedikit bubuk kayu manis ke dalam susu untuk memalingkan hasrat merokok. 

Jadi, jika kamu mencari asupan makanan untuk berhenti merokok yang menyehatkan, cobalah kayu manis.

5. Buah dan Sayur

Selain bisa menjadi camilan pengganti rokok, kandungan dalam buah dan sayur dapat membantu memulihkan nutrisi dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa rokok menghalangi penyerapan nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin C, dan vitamin D. Misalnya, merokok hanya satu batang akan menguras 25 mg vitamin C. 

Menurut penelitian, dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah, dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

Mengunyah wortel, mentimun, dan seledri juga dapat menghentikan kebiasaan merokok. Efek yang ditimbulkan akan sama seperti saat kamu meminum segelas susu.

6. Popcorn

Berondong jagung alias popcorn dapat menjadi makanan untuk membantumu berhenti merokok.

Ketika mencoba berhenti merokok, keinginan untuk mengemil akan meningkat dikarenakan kamu biasanya “menyibukkan” tangan dan mulut dengan rokok. 

Namun, tetap perhatikan kandungan popcorn yang kamu konsumsi ya. Sebaiknya hindari tambahan mentega atau topping tinggi kalori lainnya. 

7. Kacang-kacangan

Salah satu kekhawatiran orang yang berhenti merokok adalah takut berat badan bertambah karena beralih ke kebiasaan mengemil. Tapi sebetulnya kuncinya adalah memilih makanan yang tepat untuk berhenti merokok. 

Kamu bisa mencoba ngemil kacang-kacangan, misalnya kacang polong dan kacang kedelai. 

Berdasarkan penelitian di jurnal Annals of Internal Medicine pada tahun 2015, mereka yang membuat perubahan pada pola makan, salah satunya meningkatkan jumlah serat, berat badannya turun hingga 2 kg. 

Ketika kamu berusaha stop merokok, rasa dan tekstur makanan akan berubah menjadi lebih baik. Kamu juga dapat mencoba minuman dan makanan di atas untuk membantumu berhenti merokok. 

Selain itu, kamu bisa melakukan cara lain untuk berhenti merokok, misal dengan berolahraga, terapi pengganti nikotin, konseling, dan lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai topik ini? Konsultasikan dengan dokter melalui layanan online Tanya Dokter. Baca juga tips berhenti merokok lainnya di website KlikDokter. Mari #JagaSehatmu selalu!

[RS]

merokok

Konsultasi Dokter Terkait