Sukses

Makanan Ini Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk berhenti merokok. Salah satunya adalah dengan konsumsi makanan tertentu.

Bagi sebagian perokok, berhenti merokok bukanlah perkara mudah. Namun sebenarnya, hal ini bisa dimulai dengan memotivasi diri sendiri dan memahami dampak buruk dari merokok. Mengubah kebiasaan juga bisa membantu kesuksesan program berhenti merokok. 

Makanan dan minuman tertentu bisa menjadi manfaat potensial atau justru beban, ketika Anda mencoba berhenti merokok. Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang dinilai dapat membantu menghilangkan candu nikotin.

Nah, jika Anda ingin menghentikan kebiasaan merokok, berikut makanan atau minuman yang dapat membantu Anda untuk terbebas dari tembakau.

1 dari 4 halaman

1. Permen Karet atau Permen Mint Bebas Gula

Makanan untuk berhenti merokok pertama ialah permen karet. Mengunyah permen karet atau permen mint dapat membuat mulut Anda sibuk mengunyah atau sebagai bahan pengalihan saat Anda ingin merokok. 

Ditambah lagi, mengunyah permen karet dan permen mint biasanya lebih lama daripada waktu merokok.

2. Jahe 

Mengonsumsi jahe bisa menjadi salah satu cara berhenti merokok secara alami yang bisa Anda coba. 

Bumbu dapur ini disebut-sebut dapat menekan hasrat untuk merokok. Anda bisa mengonsumsi campuran jahe dengan satu sendok gula setiap hari. Jadi, jika Anda mencari makanan untuk berhenti merokok yang menyehatkan, cobalah konsumsi jahe.

Artikel Lainnya: Abaikan 6 Keluhan Ini Saat Anda Mencoba Berhenti Merokok

2 dari 4 halaman

3. Teh Ginseng

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat menjadi terapi untuk kecanduan nikotin karena dapat melemahkan efek dopamin, neurotransmiter di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan dilepaskan saat merokok. 

Minum teh ginseng bisa mengurangi daya tarik terhadap rokok dan membuatnya terasa kurang nikmat.

4. Susu atau Produk Olahan Susu Lainnya

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Duke University, perokok yang meminum segelas susu sebelum merokok akan merasakan bahwa rokok adalah hal yang mengerikan, dengan after-taste yang pahit.

Para perokok telah melaporkan bahwa minum susu membuat rasa rokok semakin buruk. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa rasa dari susu ataupun segala produk yang terbuat dari susu, membuat rokok mereka terasa pahit. 

Artikel Lainnya: Mengapa Badan Lemas Setelah Berhenti Merokok?

Saat menghadapi keinginan besar untuk merokok, mengonsumsi susu dan produk olahannya dapat membantu menjauhkan perokok dari rokok. Karena itulah, minum susu bisa menjadi alternatif untuk menghentikan kebiasaan merokok. 

3 dari 4 halaman

5. Kayu Manis

Menghirup aroma dari kayu manis dapat menggantikan aroma rokok yang biasa Anda konsumsi. Keinginan untuk merokok yang sangat besar, akan ditekan dengan mengalihkannya pada aroma kayu manis. 

6. Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Selain bisa menjadi camilan pengganti rokok, faktanya kandungan dalam buah dan sayur bisa membantu memulihkan nutrisi dalam tubuh. Mengingat rokok menghalangi penyerapan nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin C dan D. 

Misalnya, merokok hanya satu batang akan menguras 25 mg vitamin C. Masukkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan Anda akan memulihkan asupan nutrisi ini. 

Artikel Lainnya: Cara Efektif Berhenti Merokok di Kalangan Remaja

Menurut beberapa penelitian, dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah, dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

Begitu Anda mulai berhenti merokok, biasanya makanan mulai terasa lebih enak dan indra pengecapan Anda berfungsi lebih baik. Sehingga Anda juga dapat lebih menikmati berbagai makanan yang kaya akan nutrisi ini.

Mengunyah wortel, mentimun, dan seledri juga dapat menghentikan kebiasaan merokok. Efek yang ditimbulkan akan sama seperti saat Anda meminum segelas susu, yang juga dikenal bagus untuk menghentikan kebiasaan merokok. 

Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu Anda untuk berhenti merokok. Jangan lupa, merokok bisa memicu berbagai penyakit kronis yang mematikan, seperti penyakit jantung, stroke, paru-paru, hingga hati

Mulailah hentikan konsumsi rokok Anda secara perlahan, dibarengi dengan makanan yang kaya nutrisi serta olahraga yang cukup.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar