Sukses

Pentingnya Merawat Payudara Sejak Dini

Merawat payudara sejak dini dapat membantu Anda terhindar dari berbagai masalah, mulai dari penyakit hingga payudara kendur.

Klikdokter.com, Jakarta Sepasang payudara yang sehat dan indah dapat menambah percaya diri sebagian besar wanita. Oleh karena itu, perlu untuk merawat payudara sejak dini agar Anda terhindar dari berbagai penyakit dan masalah seperti payudara kendur.

Merawat payudara secara dini juga baik untuk menjaga dan mempersiapkan ASI bagi anak Anda. Hal lain yang tak kalah penting adalah kemampuan payudara dalam memberikan sensasi kenikmatan seksual.

The Canadian Task Force on Preventive Health Care merekomendasikan pemeriksaan rutin payudara setiap 2–3 tahun, khususnya untuk wanita berusia 50–69 tahun. Mereka juga menyarankan agar penyedia layanan kesehatan mendiskusikan pro dan kontra pemeriksaan mamografi.

Selain pemeriksaan rutin, Anda juga bisa mengikuti beberapa kiat di bawah ini dalam merawat payudara agar tetap sehat:

  1. Mempertahankan berat badan

    Konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap berat badan. Berat badan berlebih akibat pola makan yang tidak sehat tentu saja akan mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk payudara.

  2. Melembapkan payudara

    Kebanyakan wanita lupa memperhatikan kulit di area payudara. Padahal seperti bagian tubuh lainnya, kelembapan kulit di area payudara juga perlu dijaga. Pastikan Anda tidak mengabaikan area areola.

  3. Ukuran bra yang tepat

    Pastikan ukuran bra yang Anda gunakan memiliki ukuran dan bentuk yang sempurna. Faktanya, payudara mengalami berubahan bentuk dari waktu ke waktu. Jadi tak ada salahnya untuk bolak-balik ke toko pakaian dalam agar Anda selalu mendapatkan bra dengan ukuran yang tepat.

    Anda gemar berolahraga? Sebaiknya kenakan sport bra atau pakaian dalam yang didesain khusus untuk dapat menopang payudara dengan baik saat berolahraga.

Ingat, pemeriksaan rutin merupakan langkah tepat untuk mengenali setiap perubahan yang terjadi pada payudara. Bila terdapat hal-hal yang tidak baisa, seperti benjolan, segera konsultasikan ke dokter. Selain itu, Anda bisa melakukan kiat di atas dalam merawat payudara.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar