Sukses

Bentuk Payudara Wanita Tidak Simetris, Berbahayakah?

Bentuk payudara wanita tidak simetris ternyata dipicu oleh banyak penyebab. Apa saja gejala pemicunya?

Klikdokter.com, Jakarta Payudara tidak simetris pada beberapa wanita normal disebabkan oleh faktor genetika, adanya perubahan hormon dan saat seorang wanita sedang menyusui. Namun, payudara tidak simetris bisa juga disebabkan suatu penyakit jika disertai beberapa gejala.

Berikut gejala pemicu bentuk payudara tidak simetris lantaran disebabkan suatu penyakit:

  • Bentuk payudara berubah tiba-tiba

    Perubahan bentuk payudara yang terjadi secara tiba–tiba bisa disebabkan adanya infeksi di payudara, kista atau mengarah kepada kanker payudara. Diperlukan pemeriksaan fisik lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya.

  • Perubahan kulit payudara

    Amati kulit di sekitar payudara Anda. Jika terdapat perbedaan ukuran payudara terdapat tanda kemerahan di sekitar puting, kulit payudara berkerut seperti kulit jeruk terlihat jelas pori-pori kulit, segera konsultasi ke dokter dan lakukan pemeriksaan penunjang seperti mammography.

  • Keluar cairan dari puting

    Adanya cairan yang keluar dari puting payudara berupa nanah atau darah bisa mengarah kepada kanker payudara.

  • Nyeri di payudara

    Perbedaan bentuk disertai nyeri payudara bisa menandakan adanya infeksi di daerah payudara atau kanker payudara.

Selama perbedaan bentuk payudara yang Anda alami tidak disertai gejala di atas, maka tidak perlu khawatir. Jika terdapat kelainan dari bentuk payudara segera konsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah ada kecurigaan yang mengarah kepada infeksi payudara atau kanker payudara.

(DA)

0 Komentar

Belum ada komentar