HomeInfo SehatJantungMenurunkan Kolesterol Secara Cepat dan Alami
Jantung

Menurunkan Kolesterol Secara Cepat dan Alami

dr. Kartika Mayasari, 29 Jun 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kolesterol tinggi bisa menjadi sumber banyak penyakit. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol secara alami.

Menurunkan Kolesterol Secara Cepat dan Alami

Banyak sekali penyakit yang bermula dari kolesterol tinggi. Mulai dari penyakit jantung hingga stroke. Untuk mencegah efek buruk ini, menurunkan kolesterol menjadi satu-satunya solusi yang mau tak mau harus Anda lakukan.

Tapi, bagaimana cara menurunkannya secara cepat dan juga alami? Berikut enam kiat yang dapat Anda coba: 

Hindari Lemak Trans

Salah satu makanan yang dapat meningkatkan kolesterol “jahat” (LDL) adalah makanan yang mengandung lemak trans. Misalnya, makanan yang digoreng. Karena itu, jauhilah makanan yang digoreng bila ingin kolesterol Anda turun. Selalu olah makanan dengan cara kukus, rebus, atau panggang.

Turunkan Berat Badan

Mengatasi kolesterol dengan Menurunkan berat badan merupakan pilihan yang sangat tepat. Berat badan yang melebihi batas normal membuat Anda berisiko memiliki kolesterol tinggi.

Tapi, bukan berarti Anda harus berbadan kurus untuk mempunyai kolesterol normal. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram akan memotong LDL hingga 8%. Lumayan, bukan?

Artikel Lainnya: Tanda Kolesterol Tinggi

Olahraga Teratur

Berolahraga selama 2,5 jam seminggu cukup untuk meningkatkan kolesterol “baik” (HDL). Jika Anda belum terbiasa berolahraga, mulailah secara perlahan.Mula-mula lakukan olahraga selama 10 menit sehari, kemudian tingkatkan hingga 15 atau 30 menit sehari. Tak akan sulit jika Anda memang ingin hidup lebih sehat.

Mengonsumsi Serat

Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan mengandung tinggi serat yang membuat tubuh Anda tidak menyerap kolesterol. Penelitian menunjukkan, makan 5–10 gram serat setiap hari akan menurunkan kadar LDL.Serat juga membuat Anda merasa kenyang sehingga keinginan untuk ngemil pun berkurang. Tapi hati-hati, terlalu banyak serat juga bisa menyebabkan kram perut atau kembung.

Makan Ikan

Usahakan makan ikan sebanyak 2–4 kali seminggu. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega-3 tertinggi dapat ditemukan pada tuna, salmon, dll. Namun, hindari ikan yang mengandung tinggi merkuri, seperti hiu, todak, dan makerel.

Artikel lainnya: Obat Kolesterol Alami

Konsumsi Minyak Zaitun

Mengganti mentega dengan minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15%, Ini hampir serupa dengan efek obat penurun kolesterol dosis rendah.

Agar manfaatnya maksimal, pililhlah minyak zaitun extra-virgin. Minyak jenis ini sangat sedikit proses kimianya dan mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit.

Keenam hal tersebut adalah cara cepat menurunkan kolesterol secara alami. Walaupun memang dibutuhkan kesabaran ekstra serta kedisiplinan dalam melakukannya.

[RS/ RVS]

KolesterolMenurunkan kolesterolKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait