Sukses

Waspada, Makanan Ini Pencetus Kolesterol Tinggi

Penurunan kolesterol juga wajib dilakukan seseorang yang tidak menderita penyakit jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Kolesterol tinggi tidak menutup kemungkinan seseorang akan menderita penyakit jantung. Faktor pemicu semua itu bisa jadi karena salah dalam memilih makanan sehari-hari.

Penyakit jantung sendiri masih menjadi pembunuh nomor satu di Amerika. Setiap tahunnya, lebih dari satu juta orang menderita serangan jantung dan setengahnya meninggal.

Seperti dikutip dari National Heart, Lung and Blood Institute, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala, sehingga banyak orang tidak sadar bahwa kadar kolesterolnya tinggi.

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari lantaran dapat menjadi pencetus kolesterol Anda naik:

  1. Batasi penggunaan minyak

    Mentega, lemak babi, minyak kelapa sawit dan minyak kelapa harus dihindari. Sebagai gantinya, gunakan minyak zaitun dan canola.

  2. Batasi daging berlemak

    Daging kornet, tulang iga, steak, sosis, dan daging olahan harus dikurangi. Ganti dengan ayam tanpa kulit atau kalkun, daging sapi tanpa lemak, domba dan ikan. Konsumsi daging tidak lebih dari 140 g sehari. Cobalah beberapa hidangan utama tanpa daging, seperti kacang polong, pasta, atau nasi.

  3. Batasi susu

    Produk susu mengandung lebih dari 1 persen lemak. Jika ingin mengonsumsi susu cobalah susu rendah lemak.

  4. Batasi makanan cepat saji

    Kurangi makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng dan ayam goreng karena makanan ini mengandung banyak lemak jenuh. Memilih sandwich, salad dengan saus rendah lemak dan makanan yang tidak digoreng adalah pilihan yang baik.

Selain dengan menghindari makanan di atas, menurunkan kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan bantuan obat-obatan yang telah direkomendasikan oleh dokter.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar