Diet dan Nutrisi

4 Manfaat Taoge yang Harus Anda Tahu

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 07 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain menjaga kesehatan kulit, taoge juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

4 Manfaat Taoge yang Harus Anda Tahu

Anda tentu sering menyantap soto, ketoprak, atau gado-gado, bukan? Ya. Di dalam beberapa makanan khas Indonesia tersebut, Anda pasti akan menemukan taoge. Sayuran yang satu itu ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa khasiat dari taoge yang Anda perlu tahu:

Bagus untuk diet

Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, Anda bisa menjadikan taoge sebagai variasi menu makan Anda. Taoge memiliki kandungan protein, serat yang tinggi, dan karbohidrat yang rendah. Kombinasi kandungan ini membuat taoge sangat cocok untuk menahan lapar dengan tetap memberi cadangan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Antioksidan tinggi

Taoge memiliki kandungan fitosterol yang cukup tinggi dan berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang penting untuk tubuh.Antioksidan berfungsi memperlambat proses penuaan dengan memerangi radikal bebas, menjaga kecantikan kulit, memembantu melawan sel kanker, menjaga daya tahan tubuh, dan lainnya.

 

Selanjutnya

Menurunkan kolesterol

Taoge berasal dari benih yang berkecambah. Saat benih berkecambah, kadar kandungan saponinnya akan naik drastis. Saponin dapat membantu menghancurkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau lemak jahat pada penderita kolesterol tanpa mengganggu lemak High Density Lipoprotein (HDL) atau lemak baik.Anda yang berisiko stroke dan serangan jantung dapat memilih kecambah sebagai variasi bahan makanan.

Meningkatkan kesuburan

Manfaat taoge yang satu ini telah diketahui banyak orang, dan memang bukan merupakan mitos. Taoge kaya akan vitamin E yang baik bagi pasangan suami istri yang sedang berencana memiliki anak. Taoge juga memiliki kandungan folat yang baik untuk mempersiapkan rahim calon ibu untuk menyambut kehamilan.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat taoge untuk tubuh. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, Anda bisa klik di sini.

[BA/ RVS]

KesuburanTaogeManfaat Toge

Konsultasi Dokter Terkait