Sukses

7 Penyakit Paling Langka di Dunia

Ketujuh penyakit langka ini memang tak popular. Tapi mereka nyata.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit itu tidak enak, Anda pasti setuju. Tapi tak ada manusia yang bebas dari penyakit yang jumlahnya mencapai ribuan jenis. Di antara yang ribuan itu, ada jenis penyakit langka yang mungkin tak pernah Anda dengar sebelumnya.

Ya! Kelangkaannya memang membuat hanya sedikit saja orang yang mengalami penyakit langka ini. nyakit-penyakit tersebut cukup unik. Meski unik, tetap saja penyakit-penyakit itu kurang menyenangkan.

  1. Sindrom Alice in Wonderland

    Kemungkinan merupakan penyakit akibat tidak berfungsinya area occipital lobe di otak. Gangguan ini membuat orang memandang suatu obyek menjadi lebih besar atau lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

    Akibat lainnya, individu yang mengalami gangguan ini juga bisa salah mempersepsikan waktu. Indra pendengaran dan sensor perasa si penderita juga bisa terganggu.

  2. Sindrom Mayat Berjalan

    Resminya dikenal sebagai Cotard’s Syndrome. Ini merupakan gangguan mental yang membuat seseorang menganggap dirinya sudah menginggal atau merasa bahwa ia telah kehilangan seluruh vital dalam organ tubuhnya.

    Biasanya disebabkan oleh cedera otak. Gangguan ini bisa membuat penyandangnya merasa sebagai mahluk imortal. Hal yang merepotkan, seringkali mereka terdorong untuk melakukan tindakan bunuh diri tanpa sengaja.

  3. Sindrom Beraksen Asing

    Merupakan sejenis efek dari stroke atau migren berat. Seperti halnya efek stroke atau migren parah, gangguan langka ini mempengaruhi seseorang dalam cara bicara.

    Gangguan ini menimbulkan persepsi di otak bahwa mereka berbicara dalam bahasa lain, di luar kebiasaan bahasa ibu mereka. Misalnya, setelah terbangun dari serangan migren parah, seorang Amerika bisa saja berbicara dengan aksen seperti orang Cina, walaupun ia sama sekali belum pernah ke Cina.

  4. Alergi Air

    Dikenal dengan Aquagenic Urticaria, ganguan in menyebabkan seseorang tak bisa bersentuhan dengan air dalam berbagai bentuknya. Termasuk air mata.

    Pada kasus yang ekstrim, seseorang bahkan tak bisa memeluk anaknya berlama-lama. Sebab setetes keringat saja bisa membuat kulit penderitanya memerah dan nyeri.

  5. Tak Mempan Nyeri

    Terdengarnya hebat ya, tidak pernah merasa kesakitan. Padahal, ini merupakan salah satu gangguan yang berbahaya.

    Anak-anak yang mengalami gangguan ini bisa mengalami cedera berat tanpa terasa. Misalnya saat kakinya luka atau yang parah, mereka tetap berkeliaran dengan kondisi patah tulang.

  6. Sindrom Bau Ikan

    Dikenal dengan trimethylaminuria literally stinks. Ini merupakan akibat dari ketidakmampuan tubuh memecah sejenis senyawa organik yang ada dalam makanan.

    Akibatnya seseorang cenderung mengeluarkan aroma kuat seperti bau amis ikan. Sayangnya tak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini kecuali mengkontrol diri sendiri untuk melakukan diet pada beberapa jenis makanan.

  7. Sindrom Manusia Biru

    Sebuah keluarga besar dikenal sebagai ‘manusia biru’. Mereka ada di wilayah Kentucky, AS sejak tahun 1960. Ciri ini menurun dari generasi ke generasi, membuat kulit mereka berwarna biru, plum, indigo atau keunguan.

Diduga, hal ini disebabkan karena tubuh penderita sindrom ini tidak memiliki enzim diaphorase. Akibatnya sel darah merah tidak bisa mengikat oksigen dan meninggalkan warna kebiruan.

Nah, bagaimana menurut Anda? Meski tak popular, penyakit langka di atas memang cukup unik, kan?

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar