Sukses

Kiat Bebas Badan Pegal Meski Bekerja Seharian

Menjelang bulan puasa, lakukan ini agar Anda dapat bekerja dengan maksimal tanpa harus merasakan badan pegal di kemudian hari.

Klikdokter.com, Jakarta Bekerja seharian kerap menimbulkan keluhan badan pegal. Biasanya, keluhan ini berasal dari postur yang tidak baik saat duduk, jarang berolahraga, kurang istirahat, serta kurangnya cairan.

Agar Anda bisa bekerja maksimal tanpa gangguan badan pegal menjelang bulan puasa, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya:

  1. Atur postur duduk

    Kebiasaan duduk dengan leher condong ke depan dan badan membungkuk meningkatkan beban yang harus diterima otot-otot leher dan punggung. Peningkatan kerja otot secara terus-menerus dalam waktu lama dapat menimbulkan rasa pegal.

    Karena itu, atur postur duduk Anda dengan leher lurus menghadap depan, punggung pada posisi netral (tidak bungkuk atau terlalu tegap), dan pinggang lurus.

  2. Olahraga

    Memiliki kebiasaan olahraga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Selain membantu mendapatkan berat badan ideal, olahraga seperti pilates dan yoga juga dapat mengurangi keluhan pegal atau nyeri pada pinggang.

    Intensitas olahraga yang disarankan adalah sebanyak 2 kali dalam seminggu, dengan durasi 45 menit hingga 1 jam.

  3. Konsumsi makanan sehat

    Hindari junk food dan mulailah mengonsumsi makanan sehat. Beberapa makanan yang baik untuk mencegah nyeri otot dan pegal adalah buah ceri, madu, kacang-kacangan, bayam, daging ikan salmon, ubi, teh hijau, dan jeruk serta kiwi.

  4. Istirahat yang cukup

    Istirahat atau tidur yang cukup sangat berperan dalam pemulihan, pertumbuhan, dan penyimpanan energi. Sebaliknya, tidur yang kurang dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih sensitif terhadap rasa nyeri, terutama pada otot.

    Berdasarkan studi pada jurnal Clinical Journal of Pain tahun 2011, kurangnya tidur berhubungan dengan timbulnya nyeri pinggang kronik.

  5. Minum air putih

    Terlalu banyak bekerja terkadang membuat Anda lupa untuk minum air. Kondisi ini akan menuntun Anda pada kondisi dehidrasi, yang menyebabkan keluhan seperti penurunan konsentrasi, cepat lelah, dan badan pegal.

Jadi , siap mengubah kebiasaan Anda yang kurang baik? Ikuti kiat di atas, niscaya Anda dapat bekerja dengan nyaman tanpa perlu khawatir badan pegal kemudian. Selamat menjalankan ibadah puasa!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar