Sukses

Cegah Nyeri Otot dengan Buah Semangka

Benarkah buah semangka mampu mencegah nyeri otot? Cek faktanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Buah semangka (Citrullus lanatus) mengandung banyak zat yang berperan dalam mengurangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung. Mulai dari vitamin A dan C, lycopene, serta citruline.

Citruline sendiri merupakan zat antioksidan yang merupakan bahan baku pembentukan nitric oxide dan keratin. Keduanya berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah serta mempercepat proses pemulihan usai olahraga.

Berdasarkan penelitian pada Journal of Strength and Conditioning Research tahun 2010, konsumsi sari citruline yang diambil dari buah semangka berhasil mengurangi nyeri otot sebesar 40% setelah melakukan olahraga intens.

Tak berhenti sampai di situ. Selain mengurangi nyeri otot, citruline juga meningkatkan ketahanan otot dan mempercepat proses pemulihan otot.

Penelitian serupa yang dilakukan di Spanyol menemukan bahwa atlit yang mengonsumsi 500 ml jus semangka setelah berolahraga, mengalami nyeri otot yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi jus.

Selain itu, disebutkan bahwa konsumsi jus semangka juga membantu mengontrol laju nadi.
Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari buah semangka, berikut bentuk penyajian dan jumlah yang disarankan:

  • Jus

    Banyaknya jus semangka yang disarankan adalah 500ml dan diminum langsung setelah olahraga atau saat berolahraga. Pastikan Anda tidak menambah gula atau susu kedalamnya, karena jumlah gula yang ada pada semangka sudah cukup.

  • Potongan

    Jumlah potongan buah semangka yang disarankan untuk mencegah nyeri otot adalah 1 mangkok penuh. Anda dapat mengonsumsi buah semangka potong ini sebelum berolahraga atau sesudah berolahraga.

Buah semangka terbukti baik dalam mengurangi nyeri otot secara signifikan dan mempercepat pemulihan otot setelah olahraga. Selain itu, buah semangka berperan sebagai antioksidan dan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar