Sukses

Usir Pegal di Kaki dengan Air Hangat

Anda sering pegal di kaki lantaran sering berdiri, berjalan, atau naik-turun tangga? Redakan dengan merendam kaki di dalam air hangat.

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin adalah salah satu orang yang sering berangkat dan pulang kerja menggunakan kendaraan umum. Di dalam kendaraan umum, tak jarang Anda harus berdiri selama perjalanan. Akibatnya, timbullah pegal di kaki.

Aktivitas berat yang dilakukan selama satu hari penuh, terutama aktivitas yang banyak menggunakan otot kaki seperi berdiri, berjalan, berlari, dan naik–turun tangga, memang kerap membuat otot kaki terasa pegal. Jika tidak ditangani, hal ini tentu akan menggangu aktivitas dan produktivitas kerja Anda.

Karena itu, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan rasa pegal. Salah satunya adalah dengan merendam kaki di dalam air hangat.
Rasa pegal pada otot sebenarnya disebabkan oleh penumpukan asam laktat di otot. Penumpukan asam laktat terjadi akibat penggunaan otot secara berlebihan.

Otot membutuhkan energi dalam jumlah banyak untuk berkontraksi. Untuk menghasilkan energi, otot memecah cadangan gula yang terdapat dalam otot (glikogen). Dalam keadaan kekurangan oksigen, pemecahan gula otot ini menghasilkan asam laktat.

Nah, inilah yang menyebabkan munculnya rasa pegal. Lantas, bagaimana merendam air hangat dapat membantu mengurangi rasa pegal?

Merendam kaki di dalam air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah di bagian kaki, karena air hangat dapat memperlebar pembuluh darah di kaki. Nah, aliran darah yang lancar akan membuat asam laktat yang menumpuk di otot kaki mudah larut dalam darah dan dibuang oleh tubuh.

Itu sebabnya, rasa pegal dapat berkurang dengan merendam kaki dalam air hangat. Selain itu, air hangat dapat merangsang ujung-ujung saraf di kaki, sehingga dapat mengurangi rasa keram dan kesemutan.

Jadi memang benar bahwa merendam kaki di dalam air hangat dapat menghilangkan pegal di kaki. Namun, Anda perlu memperhatikan suhu air. Sebaiknya, suhu air tidak lebih dari 70 derajat untuk mencegah luka bakar pada kaki.

Jika pegal di kaki belum menghilang, Anda dapat mencoba menggunakan krim penghilang rasa pegal yang dioles di kaki atau berkonsultasi dengan dokter.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar