Sukses

Menelisik Manfaat Gandum Utuh untuk Penderita Diabetes

Gandum utuh ternyata banyak mengandung serat yang dibutuhkan para penderita diabetes.

Klikdokter.com, Jakarta Penderita diabetes diwajibkan untuk lebih menjaga pola makan dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Imbasnya, ada banyak makanan yang menjadi ‘haram’ untuk mereka sentuh.

Meski demikian, penderita diabetes masih punya segudang pilihan makanan sehat yang tak kalah enak. Dilansir dari situs webmd.com, rutin mengonsumsi gandum utuh dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Penderita diabetes harus bisa menekan jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Seorang ahli diet dari Academy of Nutrition an Dietetics, Jessica Crandall menyarankan penderita diabetes menyiasati kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan serat seperti ubi, labu dan kacang kering.

“Keduanya akan memperlambat pencernaan sehingga Anda merasa kenyang tanpa menaikkan gula darah,” ujar Crandall.

Menurutnya, serat sangat penting untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kolesterol. Kombinasi serat dan karbohidrat bisa ditemukan pada gandum utuh.

Gandum utuh biasanya mudah ditemukan di toko-toko di antaranya oat meal dan roti gandum. Gandum utuh berfungsi untuk mengurangi resiko serangan jantung, mencegah diabetes tipe 2, dan menghindarkan diri dari obesitas.

Selain memperbanyak konsumsi gandum utuh, upaya untuk mengontrol kadar gula darah ini sebaiknya dibarengi dengan olahrga yang akan membantu menjaga kebugaran tubuh.

Ahli diabetes dari Joslin Diabetes Center, Boston, Sethu Reddy,MD, menyarankan penderita diabetes untuk rutin melakukan olahraga ringan sebagai terapi.

“Cobalah untuk latihan selama 150 menit dalam satu minggu. Anda bisa membaginya menjadi bagian-bagian kecil seperti setengah jam dalam satu hari,” ujar Reddy.

Bagi Anda penderita diabetes sangat disarankan dan tidak perlu ragu untuk mengonsumsi gandum utuh. Selain itu, memeriksakan kadar gula secara rutin membantu Anda lebih bijak dalam mengontrol penyakit diabetes Anda.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar