HomeGaya hidupDiet dan NutrisiKenali 4 Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B
Diet dan Nutrisi

Kenali 4 Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B

Gerardus Septian Kalis, 06 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Cepat lelah merupakan salah satu ciri tubuh Anda kekurangan vitamin B. Karena itu, pahami sejak dini sebelum terlambat.

Kenali 4 Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B

Vitamin B memiliki peran penting dalam membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, menjaga tubuh dan mengembangkan otak yang sehat. Sementara itu, jika tubuh kekurangan vitamin B dapat menyebabakan masalah kesehatan bagi tubuh,

Vitamin B merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan sel dan membuat Anda tetap berenergi.

Berikut ini ciri-ciri tubuh ketika kekurangan vitamin B

  1. Cepat Lelah

Kelelahan merupakan salah satu tanda pertama defisiensi B12. Kelelahan terjadi karena tubuh bergantung pada vitamin untuk membuat sel darah merah yang membawa oksigen ke organ tubuh. Tanpa cukup oksigen yang terdapat di sel, Anda akan merasa lelah tidak peduli berapa lama Anda tidur. Namun, cepat lelah bukan berarti Anda divonis kekurangan vitamin B.

  1. Gangguan Penglihatan

Dalam kasus yang ekstrem, kurangnya B12 dapat merusak saraf optik dan pembuluh darah di retina. Hal ini menyebabkan penglihatan kabur, penglihatan ganda, peka terhadap cahaya hingga kehilangan penglihatan.

  1. Kulit terlihat pucat

Kulit terlihat kemerahan bisa menjadi pertanda bahwa Anda kekurangan Vitamin B12. Kondisi ini membuat sel darah yang kita miliki menjadi rapuh dan mudah pecah. Hal ini menyebabkan pigmen bilirubin yang mengakibatkan kulit berwarna kuning.

  1. Rasa terbakar di lidah

Dalam beberapa kasus, orang dengan defisiensi vitamin B12 mengalami kehilangan papilla (bagian menonjol pada selaput yang berlendir di bagian atas lidah) terutama di sekitar tepi lidah. Penderita juga mengeluhkan rasa terbakar dan nyeri, terutama di bagian belakang lidah. Karena sebagian besar papilla mengandung kuncup rasa, jika Anda kehilangan banyak papilla, makanan apapun akan terasa hambar rasanya.

Sementara itu, menurut University of Maryland Medical Center, orang yang paling mungkin memiliki kekurangan vitamin B adalah anak-anak, orang tua, dan mereka yang meminum obat tertentu yang dapat menyebabkan kadar B6 rendah.

Jika Anda tidak ingin berbagai penyakit menghantui akibat kekurangan vitamin B selalu menyantumkan bahan makanan yang mengandung vitamin B pada menu harian Anda ya.

[DA/ RVS]

vitaminvitamin B

Konsultasi Dokter Terkait