Sukses

Brokoli untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Brokoli disebut-sebut berpotensi untuk “melawan” diabetes tipe 2. Apa keunggulan sayuran ini?

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling umum ditemukan. Dikutip dari livescience.com, diabetes tipe 2 telah menyerang lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia.

Sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan, brokoli memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Brokoli disebut mampu memperlambat dan berpotensi untuk “melawan” penyakit ini.

Penelitian dilakukan terhadap 50 orang yang menunjukkan gejala diabetes tipe 2, salah satunya kegemukan dan obesitas. Para ilmuwan menemukan senyawa yang disebut sulforaphane dalam sayur, salah satunya brokoli.

Sulforaphane disebut sebagai senyawa yang mampu melawan diabetes yang menyerang tubuh. Sehingga, banyak mengonsumsi brokoli bisa menjadi upaya pencegahan dari penyakit diabetes tipe 2.

Penelitian dilakukan dengan memberikan sulforaphane kepada pasien obesitas dalam bentuk ekstrak brokoli. Ternyata, senyawa tersebut meningkatkan kemampuan sistem pasien untuk mengendalikan kadar gula dan mengurangi produksi glukosa dalam tubuh.

"Ini sangat menarik dan membuka kemungkinan baru untuk pengobatan diabetes tipe 2," ujar Anders Rosengren, asisten profesor di Universitas Gothenburg, Swedia.

Alternatif Pengobatan

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kadar gula yang tinggi dan produksi gula berlebih merupakan dua gejala diabetes yang dapat memicu penyakit lainnya seperti arteri koroner, kerusakan saraf, dan kebutaan.
Diabetes tipe 2 dan obesitas adalah dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Penderita obesitas umumnya memiliki kelebihan lemak dalam hati yang membuat tubuh kurang sensitif terhadap hormon insulin. Gangguan tersebut dapat menyulitkan organ untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Hingga kini, penelitian tersebut masih terus dilakukan untuk menemukan alternatif pengobatan diabetes tipe 2 dengan metformin.

“Menemukan alternatif metformin adalah salah satu tujuan tim. Tapi terkadang kami merasa frustrasi dan lelah karena laboratorium penelitian masih kesulitan untuk mengembangkan senyawa antidiabetes baru,” ungkap Rosengren.

Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya untuk memasukkan brokoli ke dalam menu diabetes Anda. Sajikan dengan varian yang menarik agar enak dan tak membosankan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar