Sukses

Tips agar Merasa Segar Saat Bangun Pagi

Merasa segar bangun pagi dapat bantu Anda semangat dalam menjalani hari. Tidak sulit, ini tips segar bangun pagi yang bisa Anda terapkan.

Sebagian orang sulit merasa segar di pagi hari, meski sudah tidur dengan durasi cukup. Akibatnya, mereka mudah lelah dan tidak fokus sepanjang hari. Anda salah satu yang seperti ini?

Tenang, tidak perlu khawatir. Sejatinya, setiap orang bisa segar bangun pagi asalkan tahu cara mendapatkan kualitas tidur malam yang baik.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur malam yang baik, agar bisa segar bangun pagi:

1 dari 5 halaman

1. Hindari Kafein, Alkohol, dan Nikotin

Kafein merupakan kandungan pada kopi, yang berguna untuk membuat Anda tetap terjaga. Jika ingin bangun tidur dalam keadaan segar, jauhi kafein, alkohol, nikotin antara 4–6 jam sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Bagaimana Cara Tidur Nyenyak? Lakukan 7 Cara Ini!

2. Ubah Suasana Kamar

Lingkungan kamar yang tenang dan sejuk dapat bantu Anda lebih mudah tertidur. Jauhkan komputer, televisi, dan gawai dari jangkauan. Cara ini dapat membantu memusatkan pikiran Anda untuk bisa tertidur tanpa gangguan.

2 dari 5 halaman

3. Buat Kebiasaan Sebelum Tidur

Cobalah membuat kebiasaan rutin sebelum Anda tidur. Contoh kebiasaan yang dimaksud, yaitu mandi sebelum tidur, membaca buku, atau bermeditasi.

4. Matikan Lampu Kamar

Ingin segar saat bangun tidur? Matikan lampu kamar tidur Anda. Penelitian menyebutkan, tidur dalam ruangan gelap membuat tubuh melepaskan hormon melatonin. Hormon tersebut dapat membuat Anda lebih cepat terlelap.

3 dari 5 halaman

5. Waktu Tidur Konsisten

Bangun dan memulai tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat mengaktifkan “jam alami” tubuh.

Dengan demikian, tubuh akan terbiasa dengan ‘aturan’ tersebut dan akan secara otomatis menyesuaikan diri untuk tidur atau bangun di waktu yang sama.

Artikel Lainnya: 3 Alasan Bangun Pagi Baik untuk Kesehatan Mental, Apa Saja?

6. Jauhkan Gawai saat Mendekati Waktu Tidur

Kebiasaan memeriksa handphone pertama kali saat bangun tidur membuat benda ini sering diletakkan di samping kasur. Ternyata, kebiasaan tersebut bisa mengganggu Anda untuk merasa segar saat bangun pagi, lho!

Faktanya, handphone dan gawai sejenis membuat Anda terpapar dengan blue light. Cahaya ini dianggap dapat merangsang otak dan menghalangi tubuh memproduksi hormon melatonin yang mengatur tidur.

Oleh sebab itu, sebaiknya jauhkan handphone dan gawai lainnya saat waktu tidur Anda sudah dekat.

4 dari 5 halaman

7. Hindari Makan sesaat Sebelum Tidur

Agar segar saat bangun pagi, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berat mendekati jam tidur.

Faktanya, konsumsi makan berat—termasuk yang tinggi karbohidrat—sebelum waktu tidur dapat membuat Anda merasa mulas atau kembung. Kedua hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan Anda saat tidur.

8. Olahraga Teratur

Olahraga rutin yang dilakukan setidaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur.

Jadi, agar Anda segar bangun pagi, sempatkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit, sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Lebih disarankan untuk berolahraga pagi atau sore hari. Jika Anda hanya bisa berolahraga malam hari, beri jarak 2 jam dari waktu tidur Anda. Pasalnya, peningkatan adrenalin saat olahraga dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Sudah melakukan cara-cara di atas, namun masih merasa tak segar bangun pagi? Lebih baik konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya masalah kesehatan tertentu.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar